Ini 2 Hal Penting yang Perlu Diingat, agar Tetap Aman Beraktivitas di Masa Pandemi

Ini 2 Hal Penting yang Perlu Diingat, agar Tetap Aman Beraktivitas di Masa Pandemi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Selama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, tetap berada di dalam rumah merupakan pilihan yang terbaik. Namun sayangnya, ada beberapa kondisi yang terkadang mengharuskan untuk pergi keluar rumah.

Jika hal ini terjadi pada kita, penting sekali untuk mengikuti aturan-aturan kesehatan yang memang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Terutama memasuki masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini.

“Hampir seluruh sektor kehidupan telah dibuka sejak diberlakukannya Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi yang belum usai. Hingga kini tren penyebaran virus masih terus meningkat di Indonesia, bahkan telah menembus angka lebih dari 100 ribu kasus positif,” ujar Dr. Hermawan Saputra, Pakar Kesehatan Masyarakat, dalam acara Virtual Press Conference Launching AIA PHS Extra.

Pelan tapi pasti, kasus positif akan beranjak naik terus. Saat ini juga banyak gedung perkantoran yang menjadi cluster baru penyebaran covid-19.

“Oleh karena itu, masyarakat diharuskan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah serta memiliki persiapan yang baik untuk diri sendiri juga keluarga,” saran Dr. Hermawan.

“Dalam mengambil langkah agar tetap aman beraktivitas, ada dua pendekatan. Pertama adalah pendekatan dari sisi pemerintah, dan yang kedua adalah dari kita sendiri. Kalau dari sisi pemerintah tentu kita bisa mengapresiasi dengan adanya tanggung jawab dan imbauan pemerintah agar kita menerapkan personal hygiene,” kata Dr. Hermawan.

Sedangkan dari segi individu, menurut Dr. Hermawan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menjaga Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), menggunakan masker, dan juga usahakan untuk patuh terhadap aturan mengenai jaga jarak.

“Dan yang paling penting juga adalah untuk selalu mengingatkan satu sama lain agar meningkatkan imunitas tubuh. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, istirahat cukup, dan lain sebagainya,” saran Dr. Hermawan.

Selain itu, pada masa pandemi seperti sekarang, semua hal serba tidak bisa diprediksi. Kita bisa saja sekarang sehat, tetapi besok bisa saja kondisi kita berbeda karena adanya covid-19 ini.

"Dan saya juga mengingatkan untuk teman-teman yang memiliki penyakit penyerta untuk bisa berhati-hati karena proteksi diri sangatlah penting di masa sekarang ini,” tutup Dr. Hermawan.

Related

News 5803002559966382678

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item