Inilah Kereta Api Super dengan Laju Paling Cepat di Dunia

Inilah Kereta Api Super dengan Laju Paling Cepat di Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kereta api TGV (Train à Grande Vitesse) di Prancis berhasil mencetak rekor dunia sebagai yang tercepat. Kereta api itu berhasil mencapai kecepatan 574,8 kilometer per jam.

Kereta yang tenaganya mencapai 25 ribu daya kuda dengan roda khusus itu berhasil memecahkan rekor kereta api Prancis lainnya, yang dicetak pada 1990. Rekor terakhir adalah 515,3 kilometer per jam saat melintas di jalur European East.

Kecepatan kereta api bercat hitam dan krom itu hanya berselisih sedikit dengan kereta Maglev dari Jepang, yang mencatat kecepatan 581 kilometer per jam. Hanya saja Maglev melaju di jalur khusus, sedangkan TGV melaju di jalur kereta api konvensional. Kereta ini mengangkut penumpang dari Paris menuju kawasan selatan, barat, dan timur laut Prancis.

TGV dibangun oleh Alstom Transport Company dengan panjang total 106 meter, dan beratnya 268 ton. Kereta yang dioperasikan SNCF (Société Nationale des Chemins de fer Français), perusahaan kereta api Prancis ini, dilengkapi dua mesin, tiga gerbong TGV Duplex (gerbong dua lantai), dan dua mesin AGV (Automotrice à grande vitesse)—kereta api penerus TGV.

Related

Technology 4966848767414500691

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item