Jika Perlu ke Rumah Sakit di Saat Pandemi, Perhatikan 6 Hal Penting Ini

Jika Perlu ke Rumah Sakit di Saat Pandemi, Perhatikan 6 Hal Penting Ini, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebagian orang memilih terlebih dulu menunda pergi ke dokter atau rumah sakit di tengah pandemi virus corona. Tapi ada beberapa kelompok yang jadwal pemeriksaannya tak seharusnya ditunda.

Dokter umum di Rumah Sakit Pondok Indah, Felix Samuel menyarankan konsultasi secara tatap muka dengan dokter sebaiknya tetap dilakukan pasien yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

"Ada beberapa kelompok tertentu yang sebaiknya tidak menunda pemeriksaan kesehatan pada masa new normal. Mereka yang memiliki gangguan kesehatan metabolik seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, mereka yang memiliki masalah jantung dan kardiovaskular, ibu hamil, dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi," papar Felix melalui keterangan tertulis.

Kendati begitu Felix menekankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, sebelum mengunjungi rumah sakit, Anda bisa terlebih dulu berkomunikasi dengan dokter untuk membuat janji dan menentukan jadwal pasti pemeriksaan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berkunjung ke rumah sakit.

1. Pilih rumah sakit dengan protokol kesehatan yang ketat, atau yang memisahkan area pasien dengan gejala Covid-19, dengan pasien dan pengunjung lainnya.

2. Kenakan masker dan face shield jika diperlukan. Ganti masker apabila sudah basah.

3. Pastikan Anda selalu berada dengan jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain.

4. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol selama minimal 20 detik. Upayakan juga untuk menghindari menyentuh fasilitas umum.

5. Datanglah mendekati waktu konsultasi dokter, sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama di rumah sakit.

6. Jangan lupa untuk segera mandi hingga bersih dan mengganti pakaian setelah Anda tiba kembali di rumah.

Rumah sakit merupakan salah satu tempat yang sering dihindari pada masa pandemi Covid-19. Kekhawatiran akan tertular virus corona menjadi salah satu penyebab. Padahal, beberapa pemeriksaan rutin atau juga imunisasi ada yang tetap harus berjalan.

Felix pun mengingatkan akan pentingnya memperhatikan protokol kesehatan individu dan rumah sakit yang akan dikunjungi. Karena itu jika memang harus mendatangi rumah sakit, maka tak perlu cemas, asalkan tetap waspada dan menjaga kesehatan.

Related

News 2546847171650155452

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item