Lomba Panjang Pinang Ternyata Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

Lomba Panjang Pinang Ternyata Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sejarawan sekaligus Founder Komunitas Historia Indonesia (KHI), Asep Kambali, menjelaskan bagaimana asal-usul panjat pinang yang menjadi hiburan di zaman penjajahan. Ia mengungkapkan bahwa permainan ini sudah ada sejak zaman Dinasti Ming dan Dinasti Qing.

"Lomba panjat pinang ini sudah modifikasi dari upacara festival hantu, dari China. Masyarakat balapan naik ke atas, di atasnya ada hadiah 'hantu' hiburan," kata Asep.

Mengutip laman Forum Budaya dan Sejarah Tionghoa, Rinto Jiang dalam artikel bertajuk “Korelasi Perlombaan Panjat Pinang di Indonesia dengan Budaya Tionghoa", menjelaskan bahwa permainan ini sudah lama populer di China dengan nama qiang-gu. Bahkan sejak zaman Dinasti Ming (1368-1644) dan pada masa Dinasti Qing (1644-1911).

Hanya saja qiang-gu alias panjat pinang ala China tidak boleh dimainkan lagi oleh otoritas kerajaan, karena beberapa kali menimbulkan korban jiwa, misalnya karena peserta terjatuh dari ketinggian.

Tak hanya di China, permainan yang mirip dengan panjat pinang juga sudah dikenal di Malta pada abad pertengahan, atau sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada abad ke-5 hingga abad ke-15 Masehi.

Mengutip Time of Malta, masyarakat di wilayah kepulauan yang terletak di Eropa bagian selatan ini memainkan panjat pinang, atau yang dalam istilah lokal disebut gostra, untuk meramaikan Festival Saint Julian.

Related

News 9139723339633375334

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item