Rhoma Irama Ingatkan Pentingnya Menghormati Pencipta Lagu

Rhoma Irama Ingatkan Pentingnya Menghormati Pencipta Lagu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pedangdut Rhoma Irama menilai musik memiliki kekuatan di aspek ekonomi, juga aspek kesehatan. Oleh sebab itu, musik dan penciptanya perlu dihormati.

"Efek lagu sangat luar biasa, oleh karena itu memang harus kita hormati, not just dari ekonomi saja tetapi banyak efek yang bisa diberikan oleh musik itu sendiri," papar Rhoma Irama dalam webinar Asosiasi Bela Hak Cipta.

Perwakilan dari Persatuan Artis Dangdut Melayu Indonesia (PADMI) itu menilai, tindakan hukum merujuk Hak Cipta di Undang Undang No. 28 Tahun 2014 dapat dilakukan. Hanya saja, jangan sampai kekuatan hukum membuat publik takut berkarya.

"Jangan sampai masyarakat ketakutan, misalnya ada satu hal krusial, menampilkan satu lagu karya seniman harus berizin, ini sulit diimplementasikan, harus kita bahas seperti apa," kata Rhoma Irama.

Menurut Rhoma Irama, izin sebelum menerbitkan karya orang lain juga perlu dipaparkan baiknya seperti apa. Sebab, jika menunggu izin untuk hal-hal formal atau penting, menurutnya akan memperlambat atau menyulitkan.

"Harus ditinjau ulang seperti apa mengimplementasikan izin misalnya ada jarak, sebelum ditampilkan harus berizin, ini saya rasa sulit," kata Rhoma Irama.

Related

News 921945469500390237

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item