Rizal Ramli Imbau Masyarakat Hati-hati Gunakan Uang Saat Ini, Kenapa?

Rizal Ramli Imbau Masyarakat Hati-hati Gunakan Uang Saat Ini, Kenapa? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Indonesia telah mengalami resesi, dimana hal ini diungkapkan oleh ekonom senior Rizal Ramli. Namun, ada yang ia sampaikan kepada masyarakat agar bagaimana menggunakan uang dalam kondisi seperti saat ini.

“Untuk rakyat golongan menengah-bawah, harus hati-hati. Karena kita tidak tahu corona ini selesai kapan, enam bulan, atau satu tahun. Jadi kalau golongan menengah ke bawah tidak hati-hati, nanti untuk kebutuhan sehari-hari akan mengalami kesulitan. Dalam kondisi sepeti ini yang penting itu tunai.. tunai dan tunai,” tegas Rizal, dalam sebuah wawancara  di stasiun teve swasta nasional.

Mantan Menko Ekuin era Gusdur ini bahkan menyebut, kemampuan pemerintah dalam menghadapi masalah ekononomi di tengah pandemi corona ini tidak bisa diandalkan.

“Karena kemampuan pemerintah untuk menolong golongan menengah ke bawah ini, saya bicara kepada 40 persen masyarakat yang paling bawah, itu payah…karena gak fokus, karena masih mau ini dan itu, kecuali kalau mereka (pemerintah) mau bantu untuk kasih makan, membantu pekerja harian selama enam bulan, itu mungkin tertolong,” ungkap Rizal.

Selain itu, ia juga mengutip sebuah berita yang menuliskan tentang pernyataan mantan Wakil Presiden Boediono tentang kondisi Indonesia saat ini.

“Tapi... saya tidak melihat pemerintah memiliki kemampuan untuk itu, bahkan mantan wakil presiden Boediono saya baca seram sekali. Dia (Boediono) bilang ini bukan soal resesi, bukan soal depresi, ini soal kelumpuhan pemerintahan.

“Karena ini sudah bulan Agustus artinya bulan ke delapan tapi pemerintah belum melakukan apa-apa, dan sangat tida terlihat dan terasa oleh rakyat paling bawah,” jelasnya.

Adapun menurutnya, masyarakat golongan atas tidak merasakan resesi. “Kalau golongan menengah ke atas, mereka memang punya uang dan tidak ada masalah, justru yang paling terkena imbasnya adalah golongan yang paling bawah,” tutupnya.

Related

News 7189461563520974365

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item