Jurnalisnya Kena Serangan Doxing, Ini Pernyataan Pimpinan Liputan6.com

Jurnalisnya Kena Serangan Doxing, Ini Pernyataan Pimpinan Liputan6.com

Naviri Magazine - Jurnalis Liputan6.com, Cakrayuri Nuralam, mengalami doxing atau penyebaran informasi data pribadi di dunia maya. Ia mengalami doxing usai menulis artikel cek fakta tentang politikus PDIP Arteria Dahlan.

"Liputan6.com mengecam keras tindakan teror melalui doxing," kata Pimpinan Redaksi Liputan6.com Irna Gustiawati dalam siaran pers, Sabtu, 12 September 2020.

Irna menjelaskan doxing itu terjadi setelah Nuralam mempublikasikan artikel cek fakta pada Kamis, 10 September 2020. Di artikel itu, Nuralam memverifikasi klaim yang menyebut Arteria Dahlan merupakan cucu pendiri PKI di Sumatera Barat,
Bachtaroeddin.

Sehari setelah artikel itu terbit, serangan doxing kepada Nuralam terjadi pada Jumat 11 September 2020, dengan skala masif.

Irna mengatakan wartawan tidak bekerja atas nama pribadinya, melainkan atas nama institusi dan dalam sistem yang dilindungi serta sekaligus patuh pada ketentuan Undang Undang Pers.

"Menjadikan wartawan sebagai sasaran dengan melakukan tindakan kekerasan seperti doxing, bukan saja salah alamat, tapi sangat berbahaya," kata Irna.

Related

News 4770247607552261011

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item