Pakar Unair: Infeksi Corona Meluas, yang Punya Sakit Bawaan Harus Waspada!

Pakar Unair: Infeksi Corona Meluas, yang Punya Sakit Bawaan Harus Waspada! naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Penyebaran virus corona atau SARS-CoV-2 sudah menjalar luas di masyarakat Indonesia dan global. Pakar Biomolekular Universitas Airlangga, Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengungkapkan bahwa virus ini sudah bermutasi sejak awal ditemukan pada April 2020.

Oleh karena itu, perlu perhatian lebih dalam mengawal penyebarannya. "Lebih mudah menular, penyebarannya lebih cepat. Apakah ini berbahaya?" katanya.

"Kita tahu Covid-19 sangat bervariasi. Ekspresi dari infeksi ini ada yang ringan, OTG [orang tanpa gejala], ada yang sedang, berat, apalagi komorbid [punya penyakit lain] bisa sangat berbahaya. Artinya ada pengelompokan dari sel inang di manusia merespon terhadap infeksi virus ini, jadi tidak dipukul rata semua sebabkan kematian," katanya.

Puspaningsih menyebut penyebaran virus ini bermula dari sel inang hewan yang disebut-sebut kelalawar.

Ketika menyebar ke manusia pasti bermutasi sehingga bisa menginfeksi sel inang manusia. Virus harus bisa beradaptasi dengan sel inang karena dia tidak bisa hidup tanpanya.

"Sebetulnya virus ini angka kematiannya rendah dibanding virus-virus lain yang kita kenal selama ini. Namun demikian penyebarannya luar biasa, kalau ini mengenai orang-orang rentan karena ada komorbid lain, ini yang jadi masalah," sebutnya.

Meski rentan terhadap masyarakat rentan, namun banyak juga di luar itu yang terinfeksi.

Pasalnya, angka terkonfirmasi positif Covid-19 pun belum menunjukkan bakal terjadi penurunan. Teranyar, pertambahan terkonfirmasi positif mencapai 2.220 kasus pada 5 September 2020 kemarin. Total, konfirmasi positif sudah menembus angka lebih dari 190.000 kasus.

Related

News 7238600464115332465

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item