Mengapa Warga Ponorogo Ini Nekat Gotong Jenazah Menyeberangi Sungai?

Mengapa Warga Ponorogo Ini Nekat Gotong Jenazah Menyeberangi Sungai?

Naviri Magazine - Video warga Ponorogo gotong jenazah menyeberangi sungai viral di media sosial. Mengapa warga nekat menyeberangi sungai?

Pemakaman itu berada di Dusun Menggungan, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan, Ponorogo. Perangkat kelurahan setempat, Wasis Nur Hidayat menjelaskan, sebetulnya selama ini warga lebih memilih makam yang tidak perlu menyeberang sungai.

Sebab, ada warga yang mewakafkan tanahnya untuk dijadikan pemakaman. "Pemakaman baru ini juga sudah banyak digunakan warga," kata Wasis.

Namun ada beberapa warga, lanjut Wasis, yang berwasiat ingin dimakamkan dekat dengan mbah-mbah terdahulu. Yakni di makam Gedong. Di mana untuk menuju ke makam tersebut, warga harus menyeberangi sungai dan jalan ekstrem.

"Pertimbangannya mungkin karena ingin dekat dengan mbah-mbahnya. Jadi dimakamkan di sana," imbuh Wasis.

Warga nekat menyeberangi sungai karena jika lewat jembatan jaraknya lumayan jauh. Menurut Wasis, di Sungai Seblumbung yang dijadikan akses warga itu, sebenarnya sudah dua kali dibuatkan jembatan dari bambu alias sesek. Namun dua kali pula hanyut terbawa arus saat aliran sungai deras.

Disinggung soal pembangunan jembatan lagi, Wasis menilai manfaatnya tidak akan signifikan. Sebab, jembatan hanya untuk menuju makam saja bukan permukiman. Selain itu, makam tersebut juga sudah jarang digunakan warga.

"Itu hanya akses ke makam, tidak ada pemukiman. Ada akses jembatan lain yang lebih besar bisa dilewati warga, mobil dan motor," pungkas Wasis.

Related

News 3755794377149566039

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item