Obat Corona Remdesivir Dijual Rp 3 Juta per Unit di Indonesia, IDI: Kemahalan

 Obat Corona Remdesivir Dijual Rp 3 Juta per Unit di Indonesia, IDI: Kemahalan

Naviri Magazine - PT Kalbe Farma resmi menjual remdesivir di Indonesia dengan nama Covifor. Harganya Rp 3 juta per unit. Namun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai harga ini kemahalan.

Satgas Waspada dan Siaga NcoV PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Erlina Burhan mengatakan harga remdesivir di Indonesia tergolong mahal dan harusnya pemerintah bernegosiasi dengan distributor atau importir agar harga lebih ditekan.

"Kalau sesuatu yang dibutuhkan dan emergency used (penggunaan darurat) harusnya harganya murah," ujar Erlina.

Erlina Burhan mencontohkan biaya besarnya biaya yang harus dikeluarkan ketika pasien diberikan obat remdesivir. Jika pasien lima hari pertama diberi remdesivir, pada hari pertama akan diberikan dua vial kemudian berikut masing-masing satu vial. Dalam lima hari butuh dana Rp 18 juta.

Bila pasien diberikan remdesivir selama 10 hari di mana hari pertama dua vial dan hari berikutnya masing-masing satu vial maka biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 33 juta.

"Saya kira kalau ditanggung masyarakat lumayan mahal bahkan mungkin mahal sendiri. Saya harap ditanggung pemerintah," jelasnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin edar bagi remdesivir di Indonesia. Izin ini untuk pengunaan darurat dan hanya bagi pasien yang sakit parah.

Remdesivir sendiri awalnya merupakan obat yang virus Ebola, namun dalam uji klinis ditemukan obat ini bisa memiliki kemanjuran untuk mengatasi virus corona Covid-19.

Related

News 1475844835654644937

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item