Sejarawan UIN: Tak Mungkin PKI Bangkit Kembali

Naviri Magazine - Guru Besar Sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra meyakini isu kebangkitan P...

Sejarawan UIN: Tak Mungkin PKI Bangkit Kembali

Naviri Magazine - Guru Besar Sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra meyakini isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) hanya isapan jempol. Tak ada indikator tepercaya yang menunjukkan PKI akan bangkit.

"Kalau dlihat secara nasional, misalnya, dari berbagai alasan tidak ada yang kuat untuk meyakinkan PKI akan bangkit karena akan ada beberapa hambatan," Azyumardi dalam webinar yang digelar lembaga Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC).

Hingga kini, Azyumardi mengaku paling menolak atas isu kebangkitan PKI. Sebab, menurut dia, PKI di Indonesia akan sangat sulit kembali muncul ke permukaan. Bagi Azyumardi, isu kebangkitan PKI cuma 'gorengan politik' musiman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad
Ia mencontohkan, peluang PKI hadir sebagai partai politik sangat sulit. Sebab, Indonesia memiliki undang-undang dan ketetapan MPR (Tap MPR) yang masih melarang ideologi komunisme dan marxisme.

"PKI sebagai partai, ya tidak mungkin. Susah itu," ungkap sejarawan UIN Jakarta itu.

Isu yang menyebut PKI akan bangkit lewat ideologi, kata dia, mungkin bisa terjadi. Namun, juga harus dipahami lebih menyeluruh dalam bentuk apa ideologi itu berkembang. Ideologi komunis sebagai metode perlawanan, lanjut dia, mungkin bisa saja bangkit. Namun, ia meragukan signifikansi atas dampak yang ditimbulkan.

"Kalau sebagai metode perlawanan, kepincangan ekonomi, ya mungkin saja. Tapi seberapa banyak? Oleh karena itu, ya dari segi itu enggak mungkin PKI itu muncul, bangkit kembali," ujarnya.

Azyumardi pun tak heran dengan hasil survei SMRC yang menyebut hanya 14 persen warga Indonesia yang setuju dengan pendapat PKI akan bangkit. Ia mengatakan, jumlah tersebut merupakan orang-orang yang sangat anti PKI.

Related

News 7015592334325647581

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item