Anies Baswedan Unggah Foto Baca Buku “Bagaimana Demokrasi Mati”, Apa Isinya?

Anies Baswedan Unggah Foto Baca Buku “Bagaimana Demokrasi Mati”, Apa Isinya?

Naviri Magazine - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan aktivitasnya di Minggu pagi kemarin. Dalam akun Twitternya @aniesbaswedan, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengunggah fotonya saat sedang membaca buku.

"Selamat pagi semua. Selamat menikmati Minggu pagi," kicau Anies di akun Twitternya, pagi ini.

Dalam foto yang dibagikan, Anies mengenakan kemeja putih lengan pendek dan sarung merah marun dengan motif kotak-kotak kecil. Anies duduk dan terlihat membaca buku "How Democracies Die" bersampul hitam yang senada dengan jam tangan digitalnya.

Latar belakang rak buku cokelat kayu berukuran sedang sejajar dengan rak kabinet yang di atasnya terdapat beberapa foto keluarga. Warganet penasaran dengan buku yang Anies baca. Akun @dodokasep merespon foto yang diunggah Anies dengan menulis, "Jadi penasaran sama bacaannya."

Buku yang dibaca Anies ditulis oleh pakar politik dari Universitas Harvard Amerika, Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt, pada 2018. Dalam bahasa Indonesia buku itu diterjemahkan: Bagaimana Demokrasi Mati. Di Tanah Air buku itu diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Resensi buku itu menyebutkan demokrasi bisa mati karena kudeta atau mati pelan-pelan. Kematian itu bisa tak disadari ketika terjadi selangkah demi selangkah, dengan terpilihnya pemimpin otoriter, disalahgunakannya kekuasaan pemerintah, dan penindasan total atas oposisi. 

Ketiga langkah itu sedang terjadi di seluruh dunia dan kita semua mesti mengerti bagaimana cara menghentikannya.

Related

News 1122361212334245246

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item