Catat, Ini Waktu-waktu Penting untuk Minum Air Putih agar Selalu Sehat

Catat, Ini Waktu-waktu Penting untuk Minum Air Putih agar Selalu Sehat

Naviri Magazine - Viral di media sosial seorang wanita mengaku tak suka minum air putih. Akibatnya, ia kini mengidap infeksi saluran kemih. Cerita ini diunggah dalam akun TikTok pribadinya @itsmariaxcx, ia menyebut sehari-harinya lebih sering minum minuman berasa, minuman manis.

Wanita ini sempat tak sadarkan diri dan langsung dilarikan ke klinik, ia sebelumnya mengaku mengeluh rasa sakit di bagian perut yang luar biasa. Ia pun sering mengalami demam tinggi saat malam, mual, dan lebih sering buang air.

Minum air putih sudah tidak diragukan lagi untuk menjaga kesehatan tubuh. Air putih bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang dapat berdampak buruk bagi tubuh. Namun, meskipun sudah jelas bahwa minum cukup air penting bagi kesehatan, apakah pengaturan waktu minum air itu penting?

Sebanyak 60 persen berat tubuh manusia tersusun oleh air yang berperan penting dalam mengatur fungsi otak, kinerja fisik, dan pencernaan. Setiap harinya kita disarankan minum air putih minimal 8 gelas untuk mencegah dehidrasi. Minum air putih di waktu-waktu tertentu dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh.

Dikutip dari Healthline, berikut waktu-waktu terbaik untuk minum air putih.

1. Pagi hari

Minum segelas air putih di pagi hari adalah cara sederhana untuk memulai hari dengan baik. Minum air putih dapat memberikan asupan cairan bagi tubuh yang sudah kehilangan banyak cairan semalaman. Air putih sangat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati, fungsi otak, dan tingkat energi untuk mengawali hari.

2. Sebelum makan

Minum segelas air sebelum makan adalah strategi yang baik jika ingin mencoba menurunkan berat badan. Minum air putih tidak hanya membantu meningkatkan perasaan kenyang tetapi juga dapat mengurangi asupan selama makan.

Menurut penelitian dalam jurnal PubMed National Library of Medicine, 50 orang yang minum 300-500 mL air sebelum makan siang dapat menurunkan rasa lapar dan asupan kalori pada orang dewasa.

3. Sebelum dan sesudah olahraga

Saat berolahraga, Anda kehilangan air dan elektrolit melalui keringat. Minum banyak air putih sebelum dan sesudah berolahraga penting untuk menjaga tubuh agar terhidrasi dan membantu mengganti cairan yang hilang.

Dianjurkan untuk minum air atau minuman elektrolit setelah berolahraga agar membantu mengganti cairan yang hilang dan mengoptimalkan kinerja dan pemulihan tubuh.

Related

Tips 8573677888200907311

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item