Amien Rais Ribut Lagi, Sarankan Jokowi Mundur atau Putar Haluan


Naviri Magazine - Mantan Ketua MPR, Amien Rais memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan tentang kenapa saat ia menulis atau membuat video sering secara khusus mengarah kepada Presiden Jokowi. Dalam memberikan kritik dan koreksi pada berbagai bidang kehidupan, Amien mengaku akan langsung mengarahkannya kepada Presiden Jokowi.

Mengacu pada undang-undang Republik Indonesia, Amien Rais menyampaikan pada BAB III yang berjudul Kekuasaan Pemerintahan Negara, itu sepenuhnya menyangkut otoritas presiden. 

Ada 16 pasal semuanya mengenai Presiden dan Wakil Presiden diatur secara rinci, lengkap dan panjang lebar. Sebab, dalam sistem kenegaraan di Indonesia kekuasaan apa pun yang ada semua kembali kepada presiden.

"Satu sebab pokok itu, saya memahami mengapa presiden diberi kewenangan otoritas kekuasaan yang demikian luas sekali," terang Amien.

Supaya pemerintahan lebih efektif, presiden menjadi kepala negara sekaligus kepala ekselutif. Karenanya, jika ia mengarahkan kritik dan sebagainya langsung kepada presiden. 

Menurutnya juga memang sudah harusnya seperti itu. Amien tidak ingin membuang tenaga untuk menyampaikan koreksi kepada pihak kementerian satu per sau. Ia memilih untuk menyampaikan kritiknya langsung kepada presiden yang memiliki kekuasaan atas seluruhnya.

Mantan Ketua Umum Ormas Muhammadiyah ini menegaskan jika ia tidak memiliki masalah tersendiri dengan Jokowi. 

Dalam QS Al-Maidah ayat 8 disampaikan agar orang-orang beriman menegakkan keadilan karena Allah dan jangan sampai kebencian kepada suatu kaum mendorong untuk melakukan hal yang buruk. Sesuai dengan perintah al-qur'an Amien menyebutkan jika mengkritik karena benci adalah dilarang.

Ia memastikan jika ia menyampaikan kritikan baik melalui video atau tulisan semuanya tidak hanya asal bunyi dan tulis aja. Melainkan didukung dengan fakta dan data yang ia timbang-timbang terlebih dahulu bobot kebenarannya. Apa yang ia lakukan kepada Jokowi lebih kepada bentuk koreksi. Agama Islam mendidik, jika dengki akan membakar amal sholeh seperti api membakar kayu.

"Dalam kesempatan ini pak Jokowi, saya mengingatkan pada anda. Sesungguhnya anda punya dua ujian yang mungkin buat anda sangat berat," ujar Amien.

Ujian yang berat bagi Jokowi adalah bagaimana memberikan keadilan yang betul-betul tidak melukai rasa keadilan rakyat, termasuk umat islam. Yaitu ketika kejahatan HAM yang terkait dengan meninggalnya enam orang laskar FPI harus dikerjakan hingga tuntas. Dimana peristiwa tersebut sudah menjadi perhatian masyarakat nasional bahkan internasional. Bagi Amien, Jokowi sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Kedua beberapa media sudah mengekspos korupsi bansos yang tidak kunjung ketemu karena terlampau besar. Kasus itu juga harus diselesaikan, terlebih anak sulung Jokowi, Gibran ikut terseret namanya dalam kasus tersebut. Amien meminta agar Jokowi meminta Gibran untuk secepat mungkin pergi ke KPK membawa bukti-bukti agar namanya tidak lagi terseret.

Related

News 7384769884828122153

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item