Kenapa Networking Bisa Lebih Penting dari Modal Dalam Berbisnis? Ini Penjelasannya

Kenapa Networking Bisa Lebih Penting dari Modal Dalam Berbisnis? Ini Penjelasannya

Naviri Magazine
- Jaringan atau networking menjadi bagian penting dalam kegiatan bisnis. Saking pentingnya, networking bahkan kerap dianggap lebih penting dari permodalan dalam bisnis.

Lalu, apa yang menyebabkan networking ini penting?

Founder CPN Group Chandra Putra Negara menjelaskan, networking dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Dari networking, pengusaha bisa menemukan lini bisnis baru hingga rekan bisnis baru.

Menurutnya, networking merupakan sesuatu yang penting tapi tidak mendesak. Dia bilang tidak mendesak karena tidak langsung mendatangkan omzet.

Kenapa Networking Bisa Lebih Penting dari Modal Dalam Berbisnis? Ini Penjelasannya

"Kenapa kita harus networking, networking itu untuk memastikan me-scale up bisnis kita agar lebih besar. Kita menemukan lini usaha yang baru, kita menemukan partner usaha baru, kita juga bisa keluar dari keterbatasan-keterbatasan kita yang masih ada. Jadi networking itu sesuatu yang sifatnya sangat penting tapi memang tidak mendesak," katanya.

"Kenapa? Networking tidak mendatangkan omzet, belum, tapi akan jauh lebih besar bahkan lebih besar dari yang kita bayangkan," sambungnya.

Dia melanjutkan, sulit mengembangkan bisnis jika jaringan yang dimiliki kecil. Maka itu, dalam bisnis penting untuk mendapat jaringan yang lebih besar.

"Kalau mau omzetnya Rp 2 miliar per bulan ya kita harus networking yang omzetnya Rp 2 miliar per bulan. Apalagi kita mau mempunyai Rp 1 triliun per bulan ya kita harus circle orang yang punya omzet triliunan," katanya.

Lanjutnya, yang jadi masalah ialah kemampuan untuk menjaring networking khususnya dengan orang-orang atau pihak yang status levelnya lebih tinggi. Terkadang, banyak orang minder untuk membuat jaringan.

"Kalau kita belum apa-apa sudah minder, 'Ah mana mau dia berteman dengan orang levelnya kayak saya'. Nah jadi kita belum networking tapi kita belum-belum, sudah punya asumsi-asumsi negatif yang artinya menghambat diri kita sendiri untuk maju," ujarnya.

Related

Business 2706902983112929384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item