Apakah Gusi yang Turun Bisa Sembuh dan Kembali Normal?


Naviri Magazine - Anda mungkin sudah akrab dengan masalah gigi berlubang yang umum ditemukan pada anak-anak hingga orang dewasa. Namun, bagaimana dengan gusi turun?

Meski kurang populer, gusi turun tak boleh dianggap remeh. Menurut California Dental Association (CDA), masalah ini lebih banyak dialami orang dewasa dengan usia di atas 40 tahun. Walaupun begitu bukan berarti anak-anak atau remaja terhindar sepenuhnya.

Bila dibiarkan terus-menerus, masalah gusi dan mulut ini akan membuat gigi jadi lebih mudah goyang dan pada akhirnya berisiko tinggi untuk tanggal atau lepas. Sebelum terlambat, sebaiknya ketahui beragam cara mengobati gusi turun berikut ini.

Apakah gusi turun bisa sembuh dan kembali normal?

Gusi turun atau resesi gingiva adalah suatu kondisi di mana gusi tampak merosot atau menyusut ke bawah dari permukaan gigi, hingga struktur gigi akan terlihat hingga bagian akarnya. 

Kondisi gusi dan gigi yang tidak sedap dipandang ini dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat seseorang enggan memamerkan senyum manisnya.

Bukan hanya itu saja, masalah kesehatan ini juga membuat gusi dan gigi jadi lebih sensitif. Alhasil, seseorang akan lebih mungkin untuk mengalami sensasi nyut-nyutan di gusi maupun di gigi yang bermasalah, terutama saat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Lantas apakah ada cara menaikkan gusi yang turun? Faktanya, gusi yang telanjur menyusut tidak dapat kembali ke bentuk semula. Meski begitu, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi turun supaya tidak semakin parah.

Related

Health 3757550486923968007

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item