Inilah 17 Patung Budha Terbesar dan Terkenal di Dunia (Bagian 3)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah 17 Patung Budha Terbesar dan Terkenal di Dunia - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Mahaparinirvana Stupa, Kushinagar, India

Kushinagar, yang terdapat di Uttar Pradesh, India, merupakan tempat peristirahatan Sang Budha. Tempat ini merupakan salah satu situs ziarah penting bagi umat Budha.

Dua tempat yang paling sering dikunjungi di Kushinagar adalah Mahaparinirvana Stupa, yang dibangun di tempat Budha meninggal, dan tempat jenazah Budha dikremasi. Jarak kedua tempat itu adalah 1,6 km. Dekat dengan Mahaparinirvana Stupa, terletak patung Budha yang berusia 1.500 tahun ketika mencapai Parinirvana.

Meski sudah terdapat stupa Mahaparinirvana dan patung Budha Parinirvana, di sana rencananya juga akan dibuat patung Budha lain, yang bernama Maitreya. Patung Maitreya akan dibuat dari bahan perunggu setinggi 152 meter, atau lebih tepatnya 500 kaki.

Chalong Big Buddha, Thailand

Bagi pengunjung yang datang ke wilayah selatan Phuket, Thailand, akan menemukan patung Budha besar yang bernama Chalong Big Budha. Di samping patung setinggi 45 meter ini terdapat simbol gambar yang terbuat dari bahan kuningan. Biaya untuk membuat patung Budha Chalong memakan biaya sekitar 30 juta baht atau setara dengan Rp8,4 miliar.

Selama di area ini, para pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Kota Phuket dari ketinggian bukit Chalong.

Daibutsu Todai-ji, Jepang

Di negeri yang sebagian besar warganya beragama Shinto ini, ternyata juga ada patung besar Budha, yang bernama Daibutsu Todai-ji. Patung ini dibuat di kuil Budha di Kota Nara, Jepang.

Kuil utama sekte Kegon ini didirikan pada abad ke-8 oleh Kaisar Shomu, dan dibantu oleh seorang biksu yang bernama Roben.

Bangunan ini diperkirakan memiliki tinggi 100 meter, dengan kelengkapan 7 tingkat pagoda di sebelah barat dan timur Daibutsu Todai-ji (Konkomyo shitenno gokuku no tera). Di area ini juga terdapat aula Daibutsu, yang bernama Daibutsuden.

Bodhgaya, India

Patung sekarang menjadi simbol tempat suci Bodhgaya, sebelah Mahabohdi Candi yang merupakan situs Warisan Dunia, dan menikmati kunjungan konstan peziarah dari seluruh dunia. Di antara orang lokal, dijuluki "80-kaki (25 meter) Patung Buddha."

Di bawah slogan "Sinar Buddha ke Seluruh Dunia," Daijokyo menghabiskan tujuh tahun pembangunan, dengan 120.000 tukang batu.

Related

World's Fact 1112956794647035294

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item