Ini 3 Cara Terbaik untuk Mengatasi Gusi Turun, Menurut Dokter


Naviri Magazine - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati gusi turun, melihat dari penyebab dan tingkat keparahannya. Beberapa cara mengobati gusi turun yang paling umum, di antaranya:

1. Membersihkan gigi dengan baik

Metode pengobatan gusi turun tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Salah satu penyebab gusi turun yang paling sering terjadi adalah perawatan mulut dan gigi yang buruk.

Kalau sudah begini, memastikan bahwa Anda melakukan perawatan mulut dan gigi dengan tepat dan rutin merupakan solusi yang tepat.

Biasakan menyikat gigi rutin sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Lakukan teknik menyikat gigi dengan benar dan sesuai anjuran. Hal ini dilakukan untuk mencegah luka baru pada gusi dan menjaga gigi bebas dari kotoran dan kuman.

Penggunaan benang gigi (dental floss) juga tidak kalah pentingnya. Benang gigi dapat membantu menjaga area yang sulit dijangkau sikat gigi, seperti sela-sela gigi dan batas gusi agar tetap bersih serta terhindar dari sisa makanan.

Selain itu, jangan lupa berkumur secara rutin dengan obat kumur. Obat kumur dapat membantu melawan plak penyebab beragam masalah mulut.

2. Scaling gigi

Plak yang mengeras akan berkembang menjadi karang gigi yang membandel, sulit dihilangkan, dan dapat memperburuk gusi turun. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya dokter akan merekomendasikan prosedur scaling gigi.

Dokter akan menghilangkan plak dan karang gigi yang menempel di garis gusi maupun sela-sela gigi menggunakan sebuah alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. 

Alat ultrasonic scaler ini menghasilkan getaran yang mampu menghancurkan dan merontokkan karang gigi yang paling keras dan sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi pada umumnya.

3. Cangkok jaringan lunak

Cangkok jaringan lunak merupakan cara lain mengobati gusi turun yang sudah terlanjur parah. Dalam prosedur bedah ini, dokter gigi spesialis gusi dan tulang gigi (periodontis) akan menyayat bagian langit-langit untuk diambil jaringan ikat subepitel yang ada di dalamnya.

Kemudian dokter akan menempelkan jaringan tersebut di sekitar akar gigi yang terbuka. Setelah jaringan ikat subepitel berhasil diambil dan ditempel di akar gigi, dokter akan menjahit bagian langit-langit untuk menutupnya.

Kadang-kadang, dokter juga dapat langsung mengambil jaringan gusi di sekitar gigi yang sakit, sehingga tidak perlu menyayat bagian langit-langit mulut.

Related

Health 7746543072647388901

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item