Ini 6 Tips agar Tenang dan Tidak Gugup Saat Sidang Skripsi

Ini 6 Tips agar Tenang dan Tidak Gugup Saat Sidang Skripsi

Naviri Magazine - Bagi mahasiswa, saat-saat paling menegangkan selain ujian adalah sidang setelah penyusunan skripsi.

Berhadapan langsung dengan para dosen yang ingin menguji lebih lanjut penelitian akhir buatan mahasiswa, akan membuat mahasiswa merasa kalut dan khawatir lantaran menentukan kelulusan mereka.

Bagi Anda yang sedang berusaha melintasinya, berikut ini 6 tips agar tidak gugup saat menghadapi sidang skripsi.

Berdoa

Langkah paling utama, manjur, dan tak boleh dilupakan agar selalu tenang menghadapi apa pun adalah berdoa.

Dengan memanjatkan harapan dan permohonan kepada Tuhan dengan berserah diri sepenuhnya kepada Yang Maha Kuasa, Anda bisa lebih tenang dan tetap optimis menghadapi para dosen. Percayalah, apa pun akhirnya, itu pasti keputusan yang terbaik dari Tuhan.

Jaga kesehatan

Kesehatan menjadi persiapan yang paling penting sebelum mengikuti kegiatan apa pun, termasuk sebelum sidang skripsi. Jika Anda sakit, pasti tidak akan bisa datang dan tidak diluluskan hasil skripsinya. Oleh karena itu, jaga terus kesehatan Anda agar tetap dapat mengikuti sidang tersebut.

Santaplah makanan yang bergizi dengan senang hati. Sebisa mungkin hindari makanan yang kurang sehat, seperti mi instan, gorengan, es, dan sebagainya.

Baca kembali literatur

Kuasai kembali buku-buku, referensi, dan semua literatur yang Anda gunakan untuk skripsi Anda. Jangan lupa untuk buat catatan kecil, agar tetap dapat diingat dan santai menghadapi setiap pertanyaan dosen.

Cari informasi dosen penguji

Kalau bisa, ketahui dosen penguji sebelum memasuki ruang sidang, agar dapat mengira-ngira setiap pertanyaan dan siap mental menghadapi mereka.

Latihan presentasi

Cobalah untuk melatih diri di depan teman-teman Anda, agar mendapat banyak masukan sebelum benar-benar mempresentasikan setiap slide di depan dosen. Ukurlah waktu hingga sesuai dengan permintaan dosen, sampai ke poin terakhir yang Anda harus sampaikan.

Persiapkan pakaian yang akan dikenakan

Siapkan semua uniform atau outfit of the day spesial untuk hari sidang Anda. Biarkan diri Anda lebih percaya diri dengan pakaian formal dan rapi yang disukai. Dengan menggunakan pakaian yang Anda pilih sendiri, stres bisa dihindari.

Related

Tips 1676806950027293360

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item