Inilah 17 Patung Budha Terbesar dan Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Inilah 17 Patung Budha Terbesar dan Terkenal di Dunia - Bagian 1 ). Untuk ...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah 17 Patung Budha Terbesar dan Terkenal di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ushiku Daibutsu, Jepang

Ushiku Daibutsu terletak di kota Ushiku, Jepang. Selesai tahun 1995, patung ini merupakan salah satu patung tertinggi di dunia, berdiri setinggi 120 meter, termasuk 10 meter fondasi dan 10 meter platform berbentuk teratai.

Temple of the Reclining Buddha, Thailand

Terletak di Bangkok, Wat Pho terkenal dengan patung Buddha berbaring yang besar. Vihara ini merupakan salah satu vihara terbesar dan tertua di Bangkok, dibangun sekitar 200 tahun setelah Bangkok menjadi ibukota Thailand.

Great Buddha of Kamakura, Jepang

Buddha Agung Kamakura, atau dalam bahasa Jepang biasa disebut Daibutsu Kamakura, merupakan patung perunggu monumental dari Amida Buddha (Buddha Amitabha) di kota Kamakura, Jepang. 

Patung ini berdiri dengan damai di atas tanah Kotokuin yang merupakan sebuah kuil Buddhis aliran Tanah Suci, dan patung Buddha ini menjadi salah satu ikon penting dalam pariwisata dan kehidupan sosial masyarakat Jepang.

Temple of the Emerald Buddha, Thailand

Vihara terkenal lain di Bangkok adalah Wat Phra Kaew, Vihara Buddha Zamrud. Di vihara ini terdapat patung Buddha Zamrud, salah satu patung Buddha tertua dan paling terkenal di dunia. 

Menurut legenda, patung ini dibuat di India sekitar 43 SM di kota Pataliputra, dan berada di sana selama 300 tahun. Pada abad ke-4 M, patung ini dibawa ke Sri Lanka oleh para biksu buddhis untuk menyelamatkannya dari peperangan yang terjadi. Kemudian, patung ini dibawa ke Thailand, dan dipindahkan ke Wat Phra Kaew di tahun 1779.

Leshan Giant Buddha, China

Patung Buddha raksasa Leshan adalah sebuah mahakarya. Patung Buddha ini dipahat di sebuah lembah yang langsung menghadap ke laut di Sichuan, bagian barat Cina. 

Mulai dibuat selama Dinasti Tang tahun 713, patung ini baru selesai tahun 803 (90 tahun) dan melibatkan usaha dari ribuan seniman dan pemahat. Sebagai salah satu patung terbesar di dunia, patung ini juga disebut-sebut dalam puisi, lagu dan cerita.

Buddha Bamiyan, Afghanistan

Patung Budha ini adalah bangunan peninggalan umat Budha di Lembah Bamiyan, Afghanistan, yang terdiri dari dua patung besar Budha. Diperkirakan, patung-patung itu merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia.

Dahulu, patung Budha Bamiyan dijadikan salah satu museum di sana, dan didesain dengan perpaduan gaya antara seni Yunani ditambah Budha sendiri. Namun akibat rezim pemerintahan keras Taliban, patung-patung itu dirusak, dan saat ini yang tersisa hanyalah gua-gua untuk para biksu dan beberapa sketsa lainnya.

Buddha Maitreya, China

Bangunan Patung Budha Maitreya dibuat di banyak negara. Mulai dari Korea, India, Jepang, Taiwan, dan juga China. Bagi setiap pengunjung yang memilih datang ke China, ukiran patung Budha Maitreya bisa ditemukan di pegunungan batu Hangzhou, China.

Menurut ajaran kitab suci Budha, Maitreya adalah penerus sejarah pendiri agama Budha, Buddha Sakyamuni. Sedangkan berdasarkan literatur kanonik yang ditemukan dari semua ajaran sekte Budha, seperti Theravada, Mahayana dan Vajrayana, arti Maitreya adalah pernyataan tentang suatu peristiwa yang akan terjadi, ketika Dharma akan dilupakan ke dalam Bumi.

Baca lanjutannya: Inilah 17 Patung Budha Terbesar dan Terkenal di Dunia (Bagian 3)

Related

World's Fact 8671793017286390630

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item