Mengenal Propolis dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Tahukah kamu bahwa lebah tidak hanya sekadar menghasilkan madu? Lebah juga menghasilkan produk sampingan yang disebut propolis. Senyawa sampingan ini berasal dari resin atau getah tanaman yang kemudian dicampur dengan lilin dan air liur lebah. Propolis ini berfungsi sebagai lapisan pelindung sarang lebah dari ancaman yang datang dari luar.

Setidaknya ada lebih dari 300 senyawa yang terkandung dalam propolis. Sebagian besar berbentuk senyawa polifenol. Kandungan polifenol yang tinggi ini sangat bermanfaat sebagai anti bakteri, antiradang, antivirus, antifungal, antioksidan, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, masih ada lagi manfaat propolis untuk kesehatan. Terus simak ulasan di bawah ini ya!

Mengatasi penyakit herpes

Propolis dipercaya dapat membantu menyembuhkan infeksi akibat Herpes Simplex Virus (HSV) tipe 1 dan 2. HSV-1 adalah virus yang menyebabkan infeksi herpes di mulut dan bibir. Sedangkan HSV-2 adalah penyebab utama herpes yang menjangkit alat kelamin.

Untuk mengobati penyakit ini, propolis bisa diolah menjadi salep lalu dioleskan ke bibir atau alat kelamin yang terinfeksi oleh virus herpes. Antivirus, antijamur dan antibakteri yang terkandung di dalam propolis inilah yang bekerja untuk menyembuhkan virus herpes.

Selain itu menurut studi yang dipublikasikan di Journal Phytotherapy Research, salep propolis juga mampu mengurangi rasa sakit akibat virus herpes.

Related

Health 8946050217081157491

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item