Mengenal Masalah Gusi Turun dan Tindakan Dokter untuk Menanganinya


Naviri Magazine - Resesi gingiva atau yang lebih dikenal dengan sebutan gusi turun merupakan kondisi kerusakan gusi akibat mengalami penurunan yang mengarah ke arah akar gigi. Akibatnya permukaan akar gigi menjadi terbuka atau terekspos. Padahal seharusnya gusi berfungsi untuk melindungi akar gigi.

Kondisi ini seringkali membuat penderitanya merasakan ngilu atau linu terhadap makanan dan minuman yang bersuhu panas atau dingin. Bahkan rasa ngilu juga bisa dirasakan penderitanya saat area yang mengalami resesi gingiva terpapar angin. Terkadang, keluhan gigi sensitif juga bisa dikaitkan dengan penurunan gusi.

Selain menimbulkan keluhan ngilu dan gigi sensitif, resesi gingiva juga bisa menimbulkan keluhan lain. Hal yang juga cukup sering dikeluhkan adalah karies gigi, estetis (mengganggu penampilan), dan perubahan warna gigi.

Jika tidak mendapat penanganan yang tepat, resesi gingiva bisa menimbulkan masalah yang lebih serius. Saat gusi terus menerus dibiarkan mengalami penurunan, gigi lambat laun akan goyang. Pada akhirnya gigi bisa terlepas.

Mengenal Masalah Gusi Turun dan Tindakan Dokter untuk Menanganinya

Keluhan resesi gingival lebih sering ditemukan pada orang dewasa –khususnya mereka yang berusia di atas 50 tahun. Sedangkan pada anak-anak, jarang ditemukan kasus penurunan gusi.

Diagnosis Gusi Turun

Dokter gigi akan terlebih dahulu mengumpulkan informasi berdasarkan keluhan Anda. Diagnosis resesi gingiva bisa ditentukan jika hasil pemeriksaan menunjukkan kondisi gusi turun yang ada diikuti dengan beberapa keluhan tertentu.

Beberapa keluhan yang sering menyertai adalah gusi yang berdarah ketika menyikat gigi, nyeri, dan gigi ngilu. Pada beberapa kasus juga bisa disertai dengan munculnya nanah. Penurunan gusi tersebut merupakan indikasi dari kondisi gingivitis (radang gusi).

Selain dari pengumpulan informasi dan pemeriksaan fisik, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan penunjang. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan foto sinar X. Tujuannya adalah untuk mengetahui jika terdapat kerusakan tulang. Jika ditemukan kerusakan, maka diperlukan bantuan dokter gigi spesialis periodonti untuk penanganan lebih lanjut.

Related

Health 3469387167038704077

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item