Simak, Ini 7 Tips Jitu Mengubah Duit Rp 1 Juta Jadi Rp 1 Miliar!


Naviri Magazine - Sebagian besar dari kita dapat menemukan cara untuk menghemat uang. Tetapi hal yang sulit adalah bagaimana kita menggunakan uang itu untuk meningkatkan keuangan kita.

Hal di atas juga yang menjadi faktor mengapa banyak orang berlomba-lomba untuk menabung demi mendapatkan kekayaan.

Mengutip CNBC Make It, 9 investor dan penasehat keuangan memberikan tips jitu dan gagasan mereka untuk mengubah uang jutaan Anda menjadi miliaran rupiah. Begini caranya:

1. Investasikan sesuatu yang Anda sukai

Penulis kenamaan New York dan pendiri bisnis SkinnyGirl, Bethenny Frenkel, mengatakan kekayaan tak cuma bisa diraih lewat berhemat, Anda juga harus pandai berinvestasi dengan memulai dari yang Anda sukai.

"Itu sebab pentingnya berinvestasi. Temukan sekelompok orang yang Anda percayai dan kombinasikan uang jutaan Anda dengan mereka untuk membuat investasi yang berpendidikan dan solid, namun agresif.  Investasikan pada apa yang Anda ketahui dan miliki visi untuk itu," ujarnya.

Anda bahkan dapat berinvestasi secara emosional.  Dengan real estat, misalnya, saya selalu memilih tempat yang akan saya tinggali jika semuanya memburuk.  

"Apapun pendekatan yang Anda pilih, pilih sesuatu yang Anda sukai. Saya percaya bahwa jika Anda menyukai sesuatu, Anda akan mahir melakukannya," kata Bethenny Frankel.

2. Beli dan jual barang dari penjualan diskonan atau garage sale

Anda bisa berburu barang-barang unik di festival diskonan, seperti action figure atau koleksi lawas lainnya. Lalu cek harganya di toko online, jika harga yang ditawarkan di pesta diskon jauh lebih murah jangan ragu buat beli.

Menurut CEO Vayner X Gary Vaynerchuk, usaha ini memang butuh kesabaran. Sebab barang-barang tadi tak cuma Anda beli, tapi perlu dirawat dan diperbaiki. Lalu, dijual sambil menunggu saat yang tepat.

"Ini bagian yang sulit. Anda harus menyimpan apa yang Anda usahakan.  Ketika saya berusia 20-an, saya tidak pergi berlibur atau membeli barang-barang mewah.  Saya menyimpan uang saya sebagai gantinya.  Dan pada saat saya berusia 30-an, saya memiliki ratusan ribu dolar.  Lalu saya menginvestasikan ratusan ribu itu dan mereka menghasilkan jutaan.  Kamu harus bersabar."

3. Kembangkan dan investasikan dalam diri Anda

"Tentu saja, ada orang yang telah berinvestasi dalam peluang pada waktu yang tepat dan menghasilkan banyak uang.  Seandainya Anda menginvestasikan US$ 100 dalam Bitcoin pada 2010, Anda akan melakukannya dengan baik. Tetapi bagi saya, itu seperti bermain lotre," kata Grant Cardone, Pakar Penjualan yang membangun kerajaan real estat senilai U$ 750 juta.

Cara yang lebih andal untuk menjadi kaya hanya dengan US$ 100 adalah menginvestasikannya dalam kursus, buku, program audio, atau acara yang akan membantu Anda meningkatkan diri. Habiskan untuk mengembangkan keterampilan baru, mendapatkan pengetahuan dan membuat koneksi yang kuat. Ketika Anda berinvestasi dalam diri sendiri, Anda tidak akan rugi.  

4. Menulis buku atau e-book

"Enam tahun yang lalu, saya menyewa seseorang seharga US$ 100 untuk mendesain e-book pertama saya. Hanya butuh sekitar satu minggu untuk membuat dan yang harus saya lakukan hanyalah menulis salinannya. Sejak itu sudah laku pesat dan saya menghasilkan setidaknya US$ 100.000," ujar Bryce Welker, CEO perusahaan pendidikan online Crush Empire dan pendiri Crush The CPA Exam. 

Gunakan pengetahuan dan sumber daya Anda untuk menulis buku. Lalu, bayar seorang desainer dari platform freelancing global untuk membuatnya terlihat lebih bagus dan memberi insentif kepada orang untuk menjualnya untuk Anda melalui program pemasaran afiliasi.  

Tawarkan untuk membayar komisi kepada mereka untuk setiap penjualan yang mereka kirimkan kepada Anda.  Saat Anda meningkatkan traffic dan kepercayaan yang mereka bangun dengan audiens mereka, Anda bahkan tidak perlu membangun situs web.  

5. Bangun Personal Brand

Menjadi entrepreneur adalah hal seksi yang semua orang ingin terlibat dalam hal tersebut. Anda dapat menghasilkan jutaan dengan membangun personal brandingsebagai influencer atau pebisnis.

Dengan begitu banyak merek mendorong penawaran online, membangun yang dapat dipercaya adalah rahasia kesuksesan. Untuk melakukan itu, Anda memerlukan pernyataan yang jelas yang mendefinisikan misi Anda dan bagaimana itu membantu orang lain. Pesan ini harus didasarkan pada bagaimana Anda memecahkan masalah Anda sendiri.

"Orang-orang hanya akan mengikuti Anda jika mereka mengerti mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan dan jika mereka mengidentifikasi diri dengan misi Anda. Jelaskan kisah Anda, lalu investasikan US$ 100 dalam iklan Facebook untuk menarik orang-orang dan mungkin berada dalam situasi seperti Anda," ucap Torben Platzer, pendiri dan CEO agensi personal branding TPA Media GmbH, pendiri program pendidikan bisnis SELFMADE.

6. Mulai Bisnis di Toko Online

"Saya akan menginvestasikan US$ 100 dalam pelatihan bisnis. Mulailah dengan konten online gratis dari para pemimpin bisnis yang telah terbukti, kemudian baca setiap buku yang bisa Anda dapatkan dari buku-buku yang selaras dengan Anda," ucap Matt Clark, salah satu pendiri dan ketua Amazing.com dan co-pencipta Amazing Selling Machine.

Selanjutnya, cari produk yang dapat Anda beli di Alibaba.com dengan harga 10% hingga 30% dari harga jual di Amazon. Untuk menemukan produk yang laris manis, cari yang memiliki Rank Peringkat Penjual Terbaik antara satu dan 5.000 di kategori tingkat tinggi.

Kemudian, cobalah berbagai strategi pemasaran untuk menjual produk mulai dengan media sosial, iklan daring, dan pemasaran konten. Kemudian berhentilah melakukan apa yang tidak berhasil dan mulailah melakukan apa yang berhasil.

Untuk menumbuhkan bisnis Anda, fokuslah pada peningkatan margin keuntungan dan jumlah yang Anda jual. Akhirnya, Anda ingin memiliki merek sehingga Anda memiliki aset berharga yang menghasilkan kekayaan.

7. Luncurkan bisnis pelatihan

"Saya telah membangun dua bisnis tujuh digit dari nol dan membantu orang lain mencapai kesuksesan yang sama. Meskipun saya memiliki lebih dari $ 100 untuk memulai, itu tidak lebih," kata Rudy Mawer, pendiri dan CEO ROI Machines dan RudyMawer.com.

Setelah Anda menginvestasikan US$ 100 untuk mengembangkan keterampilan yang menjadikan Anda seorang ahli, Anda dapat membangun bisnis pelatihan, konsultasi, atau pendampingan di bidang keahlian Anda.

Dia menuturkan bahwa model ini populer karena berbagai alasan yakni cepat, efektif dan membutuhkan investasi minimal karena satu-satunya biaya adalah waktu Anda. Ketika Anda menghasilkan uang dari bisnis Anda, investasikan keuntungan dalam iklan Facebook untuk mendapatkan lebih banyak klien.

"Jika Anda mahir dalam apa yang Anda lakukan, Anda dapat menumbuhkan investasi itu menjadi puluhan ribu dolar. Untuk melampaui nilai jutaan dolar, otomatisasi sebagian pelatihan dan pekerjakan pelatih lain untuk bekerja untuk Anda," ucap dia.

Related

Tips 1069406973402427515

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item