Sejarah dan Asal Usul Media Sosial di Internet, dari Sixdegrees sampai Facebook


Naviri Magazine - Editor-at-large majalah Wired Steven Levy dalam buku Facebook: The Inside Story (2020) menulis, "Pada suatu malam yang dingin di bulan Januari 1997 di distrik Soho, New York, Amerika Serikat. 

Pengacara yang beralih menjadi pengusaha bernama Andrew Weinreich, di tengah-tengah jurnalis dan investor, mencoba menjelaskan apa yang dimaksud dengan media sosial beserta konsep dan contoh nyatanya."

Sebelum sampai pada topik “apa itu media sosial”, Weinreich menukil naskah akademik yang disusun Frigyes Karinthy. Menurut Karinthy, setiap orang di seluruh dunia sesungguhnya terhubung. 

Dengan mengutak-atik rumus matematika yang rumit, Karinthy sampai pada kesimpulan bahwa seseorang terhubung dengan seseorang lainnya di seluruh dunia melalui lima orang perantara. Karinthy menyebut temuannya sebagai Chain-Link.

Sebagai gambaran, saya hendak menyampaikan salam kepada Presiden Trump dengan mendelegasikannya kepada seorang karyawan Gojek. Dia lantas melaporkannya pada Kevin Aluwi yang kemudian melapor kepada Nadiem Makarim. Menteri Pendidikan itu melanjutkan salam saya kepada Presiden Joko Widodo. Akhirnya, Jokowi menyampaikan salam dari saya kepada Trump.

Weinreich yang terpesona oleh temuan Karinthy ini lantas menciptakan Sixdegrees, media sosial pertama di dunia. Seturut definisi Weinreich, media sosial adalah platform untuk menghubungkan orang sekaligus basis data raksasa tentang orang-orang di seluruh dunia.

Sialnya, internet belum digunakan secara massif di dunia ketika Sixdegrees lahir. Platform itu pun dengan cepat runtuh. Kelak, Weinreich menjual paten “media sosial” itu kepada investor Facebook.

Sementara itu, Mark Zuckerberg si pengembang Facebook punya definisi sendiri soal media sosial. Bagi Zuckerberg, media sosial adalah platform untuk menghubungkan orang-orang di dunia. Tak hanya itu, ia juga punya tujuan spesifik untuk bersenang-senang.

Zuckerberg memang tidak pernah menyebutnya dengan gamblang, tapi rekam jejaknya membuktikan seperti itu. Sebelum Facebook lahir, teknologi ciptaan Zuckerberg—yang sangat terkait dengan bagaimana Facebook bekerja hari ini—memiliki nuansa senang-senang yang kental.

David Kirkpatrick dalam The Facebook Effect: The Inside Story of the Company That Is Connecting The World (2004) menyebut, Zuckerberg muda menciptakan Facemash pada Oktober 2003. Mula-mula, penggunanya akan disodori dua sosok berjenis kelamin sama. Lalu, pengguna diminta memilih siapa yang paling hot di antara mereka. 

Dengan memanfaatkan algoritma mirip permainan catur, Facemash akan memeringkatkan siapa yang akhirnya menjadi sosok paling hot, entah laki-laki maupun perempuan.

Facemash, tutur Kirkpatrick, tercipta dari foto-foto yang diunduh secara ilegal dari situs Facebooks yang dikelola secara internal dan luring oleh 9 dari 12 asrama di Harvard University. Siapa nyana, keisengan Zuckerberg yang hanya bermodal laptop pribadi sebagai server itu sukses. Setidaknya, 450 mahasiswa Harvard University berkunjung ke Facemash dan memilih sosok paling hot di antara 22.000 foto yang ada.

Ketika Zuckerberg akhirnya menciptakan Facebook, jiwa senang-senang itu juga turut dibawanya. Hal itu, misalnya, terlihat melalui fitur status hubungan asmara, like, hingga kemudian menjadikan Facebook sebagai sarang gim daring.

Jack Dorsey si pencipta Twitter juga menyebut media sosial ciptaannya sebagai tempat untuk menghubungkan orang. Nick Bilton dalam buku Hatching Twitter: A True Story of Money, Power, Friendship, and Betrayal (2013) menyebut, Twitter adalah media sosial untuk mengatasi kesepian.

“Twitter (saat itu masih disebut ‘status’) dapat membantu menghubungkan seseorang dengan temannya yang tidak ada di sampingnya. Pokoknya, ini tentang menghubungkan orang. Membuat orang-orang sedikit merasa tidak sendirian," demikian percakapan antara Dorsey dan Noah Glass—pendiri Twitter yang tak dianggap—sewaktu mengonsep Twitter.

Jadi, media sosial memang diciptakan untuk membangun hubungan sosial, tentang tetap merasa ditemani di tengah kesendirian.

Related

Internet 1811436667352610406

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item