Beberapa Mata Uang Digital yang Lahir Setelah Kesuksesan Bitcoin


Naviri Magazine - Bitcoin terhadap mata uang kripto seperti halnya Supreme terhadap streetwear: ia adalah mata uang yang terbesar dan paling terkenal yang dibangun dari teknologi blockchain, tetapi bukan satu-satunya. 

Ethereum, yang diciptakan pada tahun 2014 oleh programmer muda asal Rusia-Kanada, Vitalik Buterin, dikembangkan dari penyempurnaan teknologi Bitcoin dan menambahkan kemampuan untuk pemrograman, dengan menggunakan blockchain sebagai infrastruktur untuk membuat kontrak kekal, dan melakukan pencatatan tanpa verifikasi pihak ketiga. 

Litecoin, yang diluncurkan oleh Charlie Lee pada 2011, seringkali disebut-sebut sebagai perak jika Bitcoin diandaikan sebagai emas, karena harganya lebih rendah dan jumlah koin maksimalnya lebih tinggi, yakni 84 juta. 

Bermunculan pula koin-koin yang lebih kecil, seperti Ripple, Monero, ZCash, Sumokoin, atau yang lebih aneh lagi, “alt-coin” seperti PornCoin (untuk industri film dewasa) dan TrumpCoin (yang bertekad membuat Amerika kembali hebat). 

Koin-koin ini dilepas dalam “initial coin offering” (ICO), mirip initial public offering untuk saham perusahaan.

“Ada kalangan orang-orang yang ingin membicarakan ICO-ICO aneh ini, koin-koin yang belum pernah kita dengar sama sekali,” ujar Aaron Lammer, pendiri podcast Longform dan salah satu pendiri Coin Talk, podcast berita tentang mata uang kripto. 

Berinvestasi ke koin-koin aneh ini sebagian didorong karena faktor kerennya, dan sebagian lain karena kemungkinan adanya keuntungan yang sangat besar jika kamu memilih koin yang tepat. Harga koin-koin ini kurang lebih berhubungan dengan keberadaan merknya: semakin banyak orang yang masuk ke pasar, semakin tinggi nilainya. 

Selain itu, tidak ada justifikasi lain. Lammer terlibat cukup aktif dalam skena mata uang kripto. Daya tariknya, katanya, adalah “ikut serta dalam kejar-kejaran untuk masa depan, dan pada saat yang sama juga memegang nilai ‘dingin’-nya.”

Related

Technology 7437785941826811840

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item