Definisi Perpustakaan, dan Manfaatnya Bagi Dunia Pendidikan Serta Masyarakat


Naviri Magazine - Perpustakaan berasal dari kata “pustaka”, yang berarti kitab atau buku. Menurut Sulistyo Basuki, dalam buku Pengantar Ilmu Perpustakaan, “batasan perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri, yang digunakan untuk menyimpan buku atau terbitan lain yang biasanya disimpan dengan susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.” 

Jadi dapat disimpulkan bahwa perpustakaan tak akan pernah jauh dari buku.

Dari penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa perpustakaan merupakan hal yang sangat fundamental dalam dunia pendidikan. Karena perpustakaan selalu berkaitan dengan buku, dan buku akan selalu berkaitan dengan ilmu. Di ruang perpustakaan, seorang ilmuwan dapat mencari refrensi, penemuan-penemuan yang ditemukan pendahulunya. 

Di perpustakaan, seseorang dapat mengembangkan wawasan pemikirannya, di sana juga orang dapat melakukan riset-riset kecil serta observasi-observasi, dan kemudian memuatnya kembali dalam bentuk informasi baru yang berguna bagi dirinya dan orang lain. 

Related

Science 4372423211737065448

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item