Ini 4 Hal Tak Terduga, yang Bisa Menyebabkan Gusi Sering Berdarah


Naviri Magazine - Gusi merupakan salah satu bagian pada organ mulut yang sangat penting. Salah satu masalah yang sering dialami oleh organ gusi adalah sering berdarah. 

Gusi yang sering berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kebiasaan menyikat gigi yang tidak benar, ataupun karena memang adanya penyakit. Jika Anda sering mengalami keluhan ini, ada baiknya mencari tahu penyebab dan cara pencegahan terbaiknya.

Penyebab gusi berdarah

Salah satu penyebab umum gusi sering berdarah adalah karena kebiasaan menggosok gigi yang kasar. Namun, ternyata masih banyak faktor penyebab lain yang harus Anda pahami.

1. Kekurangan asupan vitamin C dan K

Mungkin banyak orang tidak menyangka bahwa salah satu penyebab gusi berdarah karena tubuh kekurangan asupan vitamin. 

Tubuh yang kekurangan vitamin C akan membuat penyembuhan luka jadi lambat. Sementara vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Ketika tubuh kekurangan dua vitamin ini, maka lebih rentan mengalami pendarahan.

2. Periodontitis

Ketika Anda memiliki keluhan radang pada gusi namun tidak ditangani, hal ini akan menimbulkan infeksi pada gusi. Akibat infeksi atau periodontitis adalah tulang ataupun jaringan lunak penyangga gigi akan rusak dan menimbulkan gusi berdarah.

3. Radang gusi

Adanya plak pada gigi yang menempel di gusi bisa menimbulkan radang pada gusi. Ketika plak ini mengeras dan terbentuk karang gigi, maka timbul peradangan di gusi. Hal tersebut akan membuat risiko pendarahan meningkat.

4. Leukemia

Leukemia merupakan kondisi kanker pada sel darah putih. Ketika sel darah putih meningkat jumlahnya dan tak terkendali, maka sel trombosit di tubuh akan menurun. Ketika sel trombosit yang berfungsi menutupi luka berkurang, hal ini akan rentan menimbulkan gusi berdarah.

Related

Health 5878868709246232151

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item