Ini Daftar Negara-negara Paling Bahagia dan Paling Tidak Bahagia di Dunia


Naviri Magazine - Di tengah kecemasan akan pandemi global virus corona COVID-19, PBB mengumumkan kabar menyenangkan bahwa Finlandia kembali menjadi negara paling bahagia di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut.

Para peneliti untuk 'World Happiness Report (Laporan Kebahagiaan Dunia)' meminta orang-orang di 156 negara untuk mengevaluasi tingkat kebahagiaan mereka sendiri, sekaligus mempertimbangkan sektor PDB, dukungan sosial, kebebasan perorangan, dan tingkat korupsi untuk memberikan skor kebahagiaan bagi setiap negara.

Seperti dalam tujuh laporan sebelumnya, negara-negara Nordik mendominasi sepuluh besar, bersama dengan negara-negara seperti Swiss, Selandia Baru dan Austria.

Negara-negara yang paling bahagia adalah "di mana orang merasakan rasa memiliki, percaya, dan menghargai satu sama lain," kata John Helliwell, salah satu penulis laporan itu dalam keterangan resmi PBB.

Sementara itu, negara-negara di peringkat bawah tahun ini adalah negara-negara yang dilanda konflik kekerasan dan kemiskinan ekstrem, dengan Zimbabwe, Sudan Selatan dan Afghanistan digolongkan sebagai negara-negara yang paling tidak bahagia di dunia.

Finlandia, negara yang berpenduduk 5,5 juta ini, disebut lebih mengutamakan ritual merenung di hutan atau danau dibanding kegembiraan yang spontan.

Oleh karena itu dalam hal pengungkapan emosi yang positif, PBB mencatat bahwa negara-negara di Asia Tenggara (termasuk Indonesia) dan Amerika Latin menempati peringkat teratas karena lebih ekspresif, sementara negara-negara Nordik berada di peringkat ke-15 sampai 20 karena cenderung kalem.

Musim dingin yang panjang di negara utara itu dianggap berada di belakang tingkat alkoholisme dan bunuh diri yang tinggi, tetapi upaya sosialisasi kesehatan mental kepada masyarakat selama satu dekade telah membantu menurunkan lebih dari setengah jumlah kasus tersebut.

Penduduk Finlandia menikmati kualitas hidup, keamanan, dan layanan publik yang tinggi, dengan tingkat ketidaksetaraan dan kemiskinan di antara yang terendah dari semua negara Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), seperti Austria, Belgia, Denmark, Swedia, Norwegia, Swiss, Prancis, bahkan Inggris.

Berikut daftar lengkap 'World Happiness Report (Laporan Kebahagiaan Dunia)' tahun ini:

10 Negara Paling Bahagia di Dunia
  1. Finlandia
  2. Denmark
  3. Swiss
  4. Islandia
  5. Norway
  6. Belanda
  7. Swedia
  8. Selandia Baru
  9. Austria
  10. Luxembourg

10 Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia
  1. Afganistan
  2. Sudan Selatan
  3. Zimbabwe
  4. Rwanda
  5. Republik Afrika Tengah
  6. Tanzania
  7. Botswana
  8. Yaman
  9. Malawi
  10. India

10 Kota Paling Bahagia di Dunia
  1. Helsinki, Finlandia
  2. Aarhus, Denmark
  3. Wellington, Selandia Baru
  4. Zurich, Swiss
  5. Copenhagen, Denmark
  6. Bergen, Norwegia
  7. Oslo, Norwegia
  8. Tel Aviv, Israel
  9. Stockholm, Swedia
  10. Brisbane, Australia

10 Kota Paling Tidak Bahagia di Dunia
  1. Kabul, Afghanistan
  2. Sanaa, Yaman
  3. Gaza, Palestina
  4. Port-au-Prince, Haiti
  5. Juba, Sudan Selatan
  6. Dar es Salaam, Tanzania
  7. Delhi, India
  8. Maseru, Lesotho
  9. Bangui, Republik Afrika Tengah
  10. Kairo, Mesir

Related

News 4228967978349956779

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item