Jonathan James, Bocah 16 Tahun yang Berhasil Menjebol Situs NASA


Naviri Magazine - Jonathan James adalah orang Amerika termuda yang dijatuhi hukuman atas kejahatan dunia cyber. Saat baru umur 16 tahun, dia dikirim ke penjara karena menjebol situs departemen pertahanan Amerika.

Dia mengakui melakukan hacking sebagai tantangan, sekaligus kesenangan tersendiri. NASA bahkan kena getah keisengannya. James berhasil mencuri (download) software NASA yang diperkirakan bernilai $1,7 juta dollar AS pada tahun 1999. 

NASA harus mematikan server dan sistemnya, akibat perbuatan James, selama tiga minggu. Dan setelah itu NASA harus mengeluarkan biaya sekiatar $41.000 untuk membetulkan sistemnya yang dijebol.

Enam bulan setelah James menjebol NASA, dia diciduk di rumahnya oleh polisi setempat, pada jam 6 pagi. Dia menjalani hukuman penjara 6 bulan karena masih di bawah umur, dan hukuman percobaan 'tahanan rumah' hingga umurnya mencapai 21 tahun. James tidak diperbolehkan berinteraksi dengan komputer selama itu.

James meninggal dunia pada 18 Mei 2008, tidak ada informasi apa pun yang menyebabkan kematiannya.

Related

Internet 4054721032794807640

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item