Mana Lebih Cepat, MotoGP atau Mobil F1? Ini Jawabannya


Naviri Magazine - Lebih cepat mana, MotoGP atau Mobil F1? Mungkin banyak dari Anda yang bertanya demikian. Hal itu memang membuat penasaran banyak orang. Dua-duanya merupakan cabang motorsport yang paling terkenal di dunia, dan keduanya sama-sama menampilkan balapan dengan kecepatan luar biasa.

MotoGP tidak bisa dimungkiri lagi sangat memacu adrenalin. Hal itu terlihat dari bagaimana salip menyalip yang dilakukan oleh Valentino Rossi dan kawan-kawan. Sementara mesin mobil Formula One (F1) mampu melesat bak jet di atas lintasan aspal.

Keduanya memiliki kecepatan yang tak bisa terbantahkan, lalu siapa yang lebih cepat? Jawabannya adalah F1, mengapa? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kecepatan yang dimiliki oleh motor MotoGP. Namun untuk diadu di jarak yang lebih jauh, kecepatan MotoGP jauh lebih lamban ketimbang F1.

Mobil F1 memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Selain akselerasi yang cepat, mereka jauh lebih stabil ketimbang MotoGP. Selain itu, mobil empat roda juga memengaruhi kecepatan yang dimiliki oleh F1. Buktinya, MotoGP tidak bisa melibas tikungan secepat mobil F1.

Dua ban yang digunakan oleh motor MotoGP hanya menciptakan area kontak yang lebih kecil, sementara mobil F1 mampu melaju cepat dengan empat ban karena grip yang lebih baik, yang mampu memberikan kecepatan lebih bagus.

Namun, untuk urusan balapan jarak pendek, motor MotoGP bisa menjadi pemenang. Akan tetapi jika diadu dalam satu putaran penuh, maka motor MotoGP takkan mampu menyaingi kecepatan mobil F1.

Sebagai contoh perbandingannya yakni di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pada musim 2014, rekor untuk F1 yakni 1 menit 34,2 detik, sementara untuk MotoGP yakni 1 menit 59,7 detik dalam satu kali putaran atau lap.

Related

Sports 8751721116911416774

Recent

item