Antibiotik Ternyata Juga Membunuh Bakteri Baik Dalam Tubuh Kita


Naviri Magazine - Kendati manjur untuk melawan infeksi bakteri, kini kita sudah mafhum bahwa apa yang dilakukan antibiotik tak terbatas pada membunuh bakteri patogen semata. Berbagai jenis antibiotik juga memengaruhi jutaan mikroba penting yang tinggal di saluran pencernaan kita.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature Microbiology mempelajari apa yang sebenarnya terjadi pada bakteri dalam perut manusia, saat kita mengonsumsi antibiotik. 

Dalam penelitian tersebut, 12 pemuda sehat diberi kombinasi tiga antibiotik. Setelah itu, mikrobioma 12 orang tersebut diperiksa dengan DNA sequencing untuk mendeteksi gen dan bakteria dalam bakteri perut mereka.

Para peneliti menemukan bahwa dalam enam bulan, mikrobioma dalam tubuh 12 pemuda itu nyaris sudah berhasil memulihkan diri lewat sebuah proses yang berlangsung lamban—persis seperti proses reboisasi, menurut Sofia Forslund, ketua tim peneliti di Max Delbrück Center for Molecular Medicine, Berlin.

Selang satu setengah bulan setelah mengonsumsi antibiotik, mikrobioma dalam tubuh subyek hampir mencapai kondisi awal sebelum mengosumsi antibiotik. 

Akan tetapi, bakteri-bakteri yang pertama kembali, semisal E nterococcus faecalis dan Fusobacterium, lebih berpotensi menimbulkan infeksi. Sementra itu, sembilan spesies bakteri yang pernah ditemukan dalam perut para subyek baru kembeli setelah 180 hari.

Di akhir bulan keenam, sejumlah bakteri seperti menghilang secara pemanen. Beberapa di antaranya adalah bakteri yang diasosiasikan dengan ketahanan tubuh akan patogen tertentu dan kesehatan metabolisme. Tim peneliti sekarang tengah memfokuskan perhatian pada dampak jangka panjang antibiotik.

“Kita seyogianya sadar bahwa satu (atau lebih) perawatan dengan antibiotik bisa memusnahkan beberapa bakteri menguntungkan dari dalam saluran pencernaan kita, dan kita bisa menduga bahwa bakteri patogen akan muncul memanfaatkan kekosongan ini setelah kita mengonsumsi antibiotik,” tegas Forslund. “Kita butuh metode pengobatan yang lebih ramah pada bakteri-bakteri ini.”

Related

Science 2547893038494034402

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item