Mencuci Tangan Pakai Sabun Bisa Menghindarkan Aneka Penyakit


Naviri Magazine - Mencuci tangan dengan sabun mungkin terlihat sepele. Namun, salah satu riset menyebutkan, cuci tangan tangan pakai sabun dapat mengurangi diare sebanyak 31 persen, menurunkan penyakit infeksi saluran nafas atas (ISPA) sebanyak 21 persen. 

Sedangkan versi global, kebiasaaan cuci tangan pakai sabun mampu mencegah kejadian diare hingga 50 persen dan ISPA mencapai 45 persen.

Kementerian Kesehatan menganjurkan cuci tangan dengan memakai sabun dilakukan pada saat sebelum makan, sehabis buang air besar, sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makan, setelah menceboki bayi, dan setelah kontak dengan hewan.

Apakah ada sabun khusus yang digunakan untuk cuci tangan? Belum ada ketentuan baku, tapi Dr Hendrawan Nadesul merekomendasikan sabun antiseptik atau membunuh kuman, dan dilakukan dalam kondisi air mengalir.

Di berbagai wilayah Indonesia, jenis sabun yang digunakan sangat beragam. Ada yang memakai sabun cuci piring, sabun mandi, deterjen, dan cairan antiseptik.

Related

Health 855841465971932861

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item