Mengapa Ada Lapisan Lengket di Gigi dan Gusi, Saat Kita Bangun Tidur?


Naviri Magazine - Hampir di setiap permukaan gusi terdapat sebuah lapisan tipis bakteri yang dapat melekat, disebut biofilm. Itu sebabnya gusi dan gigimu terasa seperti tertutup lendir saat kamu bangun tidur di pagi hari.

Biofilm adalah hal yang normal dan terjadi pada semua orang meskipun kamu menggosok gigi, flossing, atau berkumur dengan mouthwash antiseptik. Tetapi, biofilm yang tidak rajin dibersihkan setiap hari dapat menumpuk dan berkembang menjadi plak gigi. 

Plak gigi yang dapat menyebabkan penyakit gusi berasal dari beberapa bakteri jahat (bakteri yang tumbuh subur pada gula yang tertinggal di gusi dan gigi, dan berubah menjadi asam pembusuk gigi) dan beberapa bakteri baik (bakteri yang membuat biofilm normal menjadi kurang menarik bagi bakteri lapar asam). 

Seseorang yang memiliki perawatan gigi superlengkap, menggosok gigi, flossing, dan berkumur setiap hari dapat mengontrol dan meminimalkan ukuran biofilm, dan berpotensi membuatnya lebih sehat dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalamnya. 

Tetapi jika kamu jarang membersihkan gusi dan gigi serta berkumur, biofilm (yang biasanya berwarna kuning pucat) dapat mengeras menjadi tartar dan menebal, sehingga hanya dapat dibersihkan oleh dokter gigi dan peralatan medisnya. Tetaplah lakukan rutinitas berkumur agar biofilm di mulutmu lebih sehat.

Related

Health 4890039279034652193

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item