Mengenal Safe Deposit Box, Kotak Penyimpanan Aman yang Bisa Disewa di Bank


Naviri Magazine - Safe deposit box (SDB) merupakan wadah atau kotak penyimpanan harta atau surat berharga, yang biasanya ditempatkan pada suatu ruang yang dirancang khusus dari bahan baja yang kokoh, tahan bongkar, dan tahan api, untuk menjaga keamanan barang yang disimpan, demi kenyamanan pengguna. Kotak simpanan ini biasanya berada di bank, kantor pos, atau institusi lain.

Umumnya, safe deposit box digunakan untuk menyimpan perhiasan atau logam mulia, mata uang asing, dokumen penting seperti sertifikat, akta kelahiran, surat berharga komersial, atau penyimpanan data komputer yang perlu dilindungi dari pencurian, kebakaran, banjir, dan lain-lain. 

Selain bank dan kantor pos, beberapa hotel, resor, dan kapal pesiar juga menawarkan penyewaan kotak simpanan ini untuk pelanggan mereka.

Penyewa atau nasabah biasanya membayar sejumlah biaya kepada bank sebagai biaya sewa kotak tersebut, yang hanya dapat dibuka dengan kombinasi kunci khusus, tanda tangan yang valid dari penyewa, dan mungkin kode-kode tertentu yang ditetapkan oleh bank. 

Beberapa bank bahkan menggunakan fasilitas keamanan dual-kontrol biometrik untuk melengkapi prosedur keamanan konvensional yang sudah ada.

Di Indonesia, beberapa bank yang telah menyediakan layanan safe deposit box di antaranya Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank BNI, juga Bank Tabungan Negara.

Related

Business 8741106149635289311

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item