Perlu Tahu, Ini 12 Tanaman Hias yang Berbahaya untuk Hewan Peliharaan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Perlu Tahu, Ini 12 Tanaman Hias yang Berbahaya untuk Hewan Peliharaan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

6. Foxglove

Tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan selanjutnya ialah Foxglove. Dengan nama ilmiah Digitalis purpurea, Foxglove dapat membuat siapa saja yang melihatnya terpesona karena bentuknya unik seperti lonceng.

Namun, sebaiknya Anda berhati-hati karena Foxglove merupakan salah satu jenis tanaman hias beracun.

Foxglove mengandung glikosida yang menyelimuti seluruh bagian tanamannya. Senyawa kimia ini dapat memicu reaksi keracunan seperti muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala, hingga delirium.

Di samping itu, seseorang juga akan menunjukkan gejala lain seperti tremor, kejang-kejang, denyut nadi lemah, dan gagguan irama pada detak jantung yang menyebabkan kematian.

7. Philodendron

Philodendron adalah tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan.
Ketika memutuskan untuk membeli tanaman hias, kebanyakan orang mengutamakan tanaman berdaun hijau demi menyegarkan mata, seperti philodendron yang secara kasat mata memenuhi kriteria tersebut.

Bentuk daunnya melengkung dan lancip di bagian ujungnya sehingga kian memikat. Tanaman hias ini tumbuh merambat, jadi pertimbangkan bila Anda ingin membelinya karena tanaman ini dapat beracun.

Jika anjing atau kucing tak sengaja memakannya, bakal mengakibatkan bibir, lidah, dan tenggorokan mereka membengkak.

8. Gympie Gympie

Meski kedengarannya agak asing tetapi tanaman hias ini juga cukup populer di kalangan penghobi tanaman hias. Anda akan banyak menemukannya di hutan hujan timur laut Australia dan Maluku.

Warna hijau mengilap dan permukaan lebar akan membuat siapa pun yang menemukannya gemas untuk menanamnya di rumah.

Namun, Anda mesti waspada karena tanaman ini beracun. Jika tak sengaja menyentuh daunnya, bulu halus di permukaannya akan menembus kulit dan melepaskan racun bernama moroidin.

Racun tersebut mampu membuat seseorang merasakan sakit berbulan-bulan bahkan tahunan.

9. Wisteria

Tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan yang terakhir adalah Wisteria. Tanaman ini berwarna ungu lavender dan sangat terkenal di daratan China dan Jepang.

Namun, siapa sangka tanaman ini memiliki racun di setiap bagian utamanya pada biji yang diproduksi.

Tanaman hias Wisteria akan melepaskan senyawa saponin yang apabila tertelan akan menimbulkan pusing, kebingungan, muntah, sakit perut, dan diare.

10. Lidah Buaya

Lidah Buaya merupakan tanaman serbaguna di rumah. Tak hanya mempercantik rumah, lidah buaya juga punya khasiat untuk kulit dan rambut.

Jika lidah buaya mungkin memiliki khasiat terapeutik bagi manusia, berbeda efeknya bagi kucing karena dapat menyebabkan kelesuan, muntah, dan diare jika tertelan. Selain itu, kandungan saponin dan antrakuinonnya pun dapat beracun bagi kucing.

11. Sirih Gading

Epipremnum aureum atau sirih gading adalah tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan. Sirih gading merupakan tanaman yang biasa digantung di teras rumah atau ditaruh dalam vas berisi air.

Karena sifat perawatannya yang rendah, tanaman dengan sebutan pothos atau Devil's Ivy ini telah menjadi tanaman hias yang sangat menarik bagi pemilik tanaman amatir hingga berpengalaman.

Selama hanya disentuh, sirih gading masih aman dan tidak berbahaya. Namun jika tertelan, kucing akan mengalami rasa terbakar di mulut dan bibir, muntah, dan pembengkakan mulut.

12. Tanaman Giok

Jade plant atau tanaman giok adalah tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan. Tanaman giok atau jade plant adalah sejenis tanaman sukulen yang mudah ditanam dan dianggap membawa keberuntungan dan rejeki bagi pemiliknya.

Ada beberapa varietas tanaman giok yang berbeda, semuanya termasuk dalam keluarga Crassula. Sayangnya, tanaman giok sangat beracun bagi kucing, anjing, dan kuda, menyebabkan gejala seperti muntah, lesu, dan depresi jika tertelan.

Nah, jika Anda memiliki salah satu dari tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan tersebut, sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum menaruhnya di dalam ruangan atau di luar ruangan agar tak menimbulkan risiko.

Related

Tips 5209680121065432056

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item