Perlu Tahu, Ini 7 Tanda Kamu Rendah Diri atau Mengalami Insecure


Naviri Magazine - Memiliki sifat insecure serta selalu rendah diri ialah hal yang hanya merugikan dirimu sendiri. Bagaimana tidak, jika hal tersebutlah yang membuat hidupmu sulit untuk berkembang. Ingat ya, jika bukan kamu yang mengubah dengan memperbaikinya lantas siapa lagi? jika tidak dari sekarang lantas menunggu berapa lama lagi?

Kamulah yang menyetir hidupmu maka hidupmu berjalan menjadi lebih baik ataupun lebih buruk ya berada di tangan kamu sendiri, termasuk bersifat insecure dan selalu rendah diri. 

Nah, jika kamu ingin berubah, kenali hal apa saja yang menjadi tanda bahwa kamu adalah orang yang insecure dan rendah diri. 

1. Menolak kritikan tanpa mendegarkannya dulu

Seseorang yang menurutmu perfectionist saja masih sering mendapatkan kritikan serta mereka menerimanya. Tahukah kamu apa alasan di balik itu semua? Itu semua karena seorang perfectionist selalu berusaha mengejar kesempurnaan dan tingkat kesempurnaan antara satu waktu dan waktu berikutnya akan lebih berkembang.  

Maka, mereka menganggap kritikan sebagai bahan evaluasi supaya menjadi lebih sempurna lagi hasil ke depannya.

Peran kritikan yang kamu anggap menakutkan hingga dapat menyerang kamu sebenarnya dapat membangun hal yang awalnya bernilai 9 menjadi 10. Selama ini keresahanmu secara emosional mengenai kritikan hanyalah wujud dari sikapmu yang insecure dan rendah diri. Jadi mulai sekarang berubah, ya!

2. Mudah putus asa

"Aku ini siapa sih, harus sadar diri nih", "aku tak pantas deh mendapatkan hal itu", "lebih baik aku mundur saja daripada kecewa nantinya", itu adalah contoh pemikiran orang-orang yang suka insecure dan selalu rendah diri. 

Mereka cenderung menyerah sebelum berjuang karena merasa tak pantas. Bahkan ,mereka bisa berhenti berjuang di tengah jalan karena ketakutan-ketakutan yang belum tentu terjadi.

Ketika kamu merasa seperti itu, maka cobalah menjadi orang yang lebih optimis dan berpikiran positif. Hal tersebut karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bisa saja kamu berhasil jika berjuang keras tanpa menyerah di tengah jalan. Ingat deh bahwa usaha itu tak pernah mengkhianati hasil, lho!

3. Tidak menjadi diri sendiri

Mengejar untuk menjadi orang lain yang seperti idolamu memang cukup menarik secara kasat mata. Namun sesungguhnya itu hanyalah sebuah ketidakpercayaan terhadap dirimu sendiri karena kamu insecure dan rendah diri. 

Kamu menganggap bahwa menjadi orang lain yang secara kasat mata lebih baik adalah suatu keharusan, tapi apakah kamu bahagia dengan hal itu? Jelas tidak. Hal tersebut karena ibarat kamu adalah suatu malam yang berusaha keras untuk bersinar seperti siang hari, meski dengan lampu seterang apapun kamu tak akan bisa menjadi matahari.

Selain itu setiap orang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selama ini kamu hanya fokus dengan kelebihan orang lain dan kekurangan dari dirimu sehingga kamu tak ingin jadi dirimu sendiri. 

Jadi, daripada sibuk menyakiti diri sendiri dengan menjadi orang lain lebih baik kamu fokus mengembangkan kelebihan dirimu dan mencoba menerima dengan lapang dada atas kekuranganmu.

4. Tidak berani mengambil keputusan

"Bagaimana jika keputusanku ini banyak merugikanku bahkan orang lain" itulah alasan paling utama mengapa orang insecure dan rendah diri tak berani mengambil keputusan. Mereka cenderung mengikuti keputusan dari orang lain karena tidak yakin dengan keputusannya sendiri.

Padahal mau itu keputusannya ataupun dari orang lain masih sama-sama berisiko bukan? Jelas iya karena tak ada satu pun keputusan yang tidak memiliki risiko. Jika kondisimu sepeti itu, maka lebih baik kamulah yang mengambil keputusan dalam hidupmu karena yang tahu dirimu ya kamu dan dengan modal itulah kamu bisa memilih keputusan dengan mengambil risiko terkecil.

5. Takut memberikan pendapat

Lagi-lagi karena rasa takut nih, karena adanya ketakutan-ketakutan orang insecure dan rendah diri jadi tak berani untuk untuk berpendapat. Mereka selalu takut bahwa pendapatnya itu salah dan beranggapan pendapat dari orang lain selalu lebih baik. Padahal belum tentu seperti itu kenyataannya, bisa jadi sebaliknya, lho!

Oleh karena itu cobalah dulu berpendapat tanpa memikirkan terlalu dalam benar atau salahnya. Jikalau salah setidaknya kamu telah membuktikan bahwa kamu hebat telah keluar dari zona nyamanmu untuk menjadi seorang yang berani berpendapat.

6. Menarik diri dari orang lain

Orang yang bersifat insecure dan rendah diri selalu menarik dirinya dari orang lain karena merasa dirinya tak pantas bergaul dengan orang tersebut. Saking tak percaya dirinya sampai-sampai mereka juga menolak orang lain yang ingin berinteraksi dengannya. 

Sebenarnya ketakutan terbesar dari orang yang seperti ini adalah takut adanya penolakan dari lingkungan sosial sehingga menyebabkan lebih baik menarik diri dari lingkup tersebut.

Apakah hal tersebut kamu rasakan? jika iya lebih baik kamu coba dulu untuk masuk dalam suatu lingkup pergaulan, siapa tau cocok dan berdampak positif  bagi hidupmu. Misalnya saja kamu tak nyaman dan hanya merugikanmu, maka kamu masih bisa keluar dari lingkungan itu. 

Hal yang terpenting adalah kamu berani untuk mencoba terlebih dahulu tanpa langsung menarik dirimu dari lingkungan sosial.

7. Suka membandingkan diri dengan orang lain

Kamu merasa dirimu begitu rendah karena memiliki berbagai kekurangan lalu melihat orang lain yang begitu hebat kehidupannya. Itulah tanda jika kamu orangnya insecure dan rendah diri. 

Jika kamu saat ini berpikiran seperti itu , ya artinya sampai kapan saja kamu tak akan mensyukuri berkah apa yang ada dalam dirimu karena kamu selalu membandingkan dengan orang lain yang semakin lama dalam pandanganmu semakin ada saja kehebatan lainnya.

Maka dari itu sebaiknya kamu mencoba menerima dirimu sendiri bahkan cobalah lihat orang-orang di belakangmu masih ada yang lebih tidak sempurna daripada dirimu. 

Misalnya saja orang yang cacat fisiknya namun masih semangat hidup bahagia tanpa membandingkan dirinya dengan orang lain yang sempurna fisiknya. Apa kamu tidak malu dengannya? inilah saatnya kamu berubah untuk berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan fokus saja pada dirimu sendiri.

Setelah mengetahui tujuh tanda seseorang yang bersifat insecure dan selalu rendah diri lalu kamu merasa masuk dalam tanda-tanda tersebut. Maka, inilah saatnya untuk langsung membenahi dirimu. Jangan sampai terlambat hingga kamu benar-benar merugi, ya!

Related

Psychology 3042363798503764060

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item