Sejarah Penting 3 Generasi Ponsel di Dunia, dari Motorola Sampai iPhone


Naviri Magazine - Era pertama dunia ponsel lahir tatkala Martin Cooper, veteran perang yang akhirnya bekerja untuk Motorola, menciptakan Motorola DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage) pada 3 April 1973. 

Ponsel tersebut berukuran 9 inci dengan berat 2,5 pounds, yang mampu digunakan untuk menelepon selama 35 menit dalam sekali pengisian baterai, dan menghabiskan waktu 10 jam.

Sebelum DynaTAC lahir, untuk berkomunikasi secara mobile, orang memerlukan fixed-phone yang dipasang pada mobil. Cara itu sukar dan mahal dilakukan. Paling tidak, untuk memperoleh layanan ponsel di mobil, seseorang harus merogoh kocek dari $2.500 hingga $4.000, belum termasuk biaya per panggilan yang dilakukan.

DynaTAC merevolusi dunia komunikasi mobile yang sukar dilakukan dan berbiaya mahal. Meski harga ponsel DynaTAC juga cukup mahal, hampir menyentuh $4.000, namun biaya berlangganannya terhitung murah, sekitar $50 per bulan.

Cooper melakukan panggilan pertama kali via DynaTac pada April 1973. Adalah Joel S. Engel yang dihubunginya kala itu. Percakapan bersejarah itu sejatinya tidak terlalu mengesankan. Kepada CNN, Cooper mengatakan,: "Saya tidak ingat persis apa yang dia katakan, tapi untuk sesaat tidak terdengar apa-apa. Asumsi saya adalah dia gemetaran."

Mungkin Cooper tidak sadar bahwa kala itu bukan hanya Engel yang gemetar, tapi juga seluruh dunia.

Selepas DynaTAC, sebagai penanda era pertama ponsel, era-1.5 kemudian diciptakan Nokia, melalui Nokia 1011. Untuk pertama kalinya pula, komunikasi mobile tidak hanya dilakukan melalui suara, tapi juga teks singkat alias via SMS (Short Message Service).

Sementara itu, kelahiran BlackBerry, yang menggabungkan ponsel dengan kerja profesional, menjadi penanda lahirnya era ke-2 dunia ponsel.

BlackBerry memang bukan yang pertama menggabungkan mobilitas ponsel dengan kerja profesional. Apple, melalui Newton, sudah lebih dulu melakukan hal tersebut. Akan tetapi, BlackBerry terhitung lebih sukses karena memunculkan fitur notifikasi (push notification) pertama kali, pada 2003.

Pada perangkat BlackBerry, fitur notifikasi hadir dalam aplikasi email, dan pengguna tidak perlu sering-sering masuk ke inbox. Mereka hanya perlu melihat notifikasi yang muncul untuk memutuskan apakah layak ditindaklanjuti atau sebaliknya. Dengan sistem itu, BlackBerry dianggap memudahkan kerja profesional.

Lalu, hadirlah iPhone yang menandai era ke-3 dunia ponsel. Sialnya, selepas iPhone merevolusi dunia ponsel, hingga kini tidak ada lagi perkembangan yang berarti. Atas ketiadaan revolusi tersebut, Gartner, perusahaan riset teknologi informasi dan firma penasihat asal AS, menyebut penjualan ponsel menurun.

Related

Smartphone 481941184958790670

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item