Sirsak, Buah Enak dan Bergizi yang Bermanfaat untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang memiliki daging berwarna putih, dan bercita rasa manis sedikit asam. Buah ini berasal dari Amerika Tengah, dan cukup dikenal di Indonesia, dengan sebutan nangka Belanda atau durian Belanda. 

Umumnya, buah ini diolah menjadi beragam makanan, seperti dodol, permen, selai, maupun diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan.

Sayangnya, masih banyak orang yang enggan untuk membuat jus sirsak karena memiliki banyak biji, sehingga sedikit repot untuk memisahkannya. Padahal buah ini mengandung banyak serat, karbohidrat, vitamin C, B, dan banyak lainnya. Buah sirsak juga tidak mengandung banyak kalori. 

Selain buahnya mengandung banyak nutrisi, ternyata daunnya pun memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti kolesterol, kista ovarium, diabetes, asam urat, bahkan kanker.

Manfaat daun sirsak untuk kanker memang belum begitu terkenal, karena pada umumnya orang hanya mengetahui manfaat dari buahnya saja. 

Daun sirsak bekerja untuk mengobati hipoglikemia dan peradangan, serta memiliki sifat antispasmodik. Daun sirsak juga memiliki sifat antiinflamasi, antipiretik, antimikroba, antidiabetik, kardioprotektif, dan antiparasit.

Ekstrak sirsak, secara positif mempengaruhi sistem vital dalam tubuh. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan lebih efektif dari kemoterapi. 

Kandungan Acetogenin pada daun sirsak dapat mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Fungsi Acetogenin adalah menghambat pertumbuhan sel kanker, sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Related

Health 997919073000871723

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item