Spontaneous Human Combustion, Misteri Manusia Paling Membingungkan


Naviri Magazine - Pernahkah terpikir seseorang yang sedang tidur santai, berdansa, menyetir mobil, di kamar mandi, atau duduk di sofa, tiba-tiba terbakar hidup-hidup? Kejadian itu disebut Spontaneous Human Combustion (SHC) atau tubuh terbakar spontan, yang hingga kini penyebabnya masih misteri.

Kejadian ini boleh dibilang tak masuk akal, karena korban yang terbakar hingga tewas tidak sedang berada dekat api atau mengalami korsleting. Tapi tubuhnya tiba-tiba seperti meledak dari dalam, hingga membakar seluruh tubuhnya.

Tubuh terbakar spontan terjadi akibat adanya semburan api dari reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh, tanpa adanya sumber panas eksternal.

Kasus tubuh terbakar spontan pertama kali diteliti ahli anatomi Denmark, Thomas Bartholin, pada tahun 1663. Saat itu digambarkan seorang perempuan di Paris terbakar saat sedang tidur.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, ratusan kasus tubuh terbakar spontan yang telah terjadi selalu mengikuti pola yang sama. Bagian kaki selalu utuh, meskipun batang tubuh dan kepala sudah hangus tak bisa dikenali.

Selain itu, ruangan di sekitarnya tidak menunjukkan atau hanya sedikit tanda-tanda adanya api. Pada kasus tertentu, kadang ditemui organ internal korban tetap tak tersentuh, sementara bagian luarnya hangus.

Tidak semua korban tubuh terbakar spontan meninggal. Sebagian kecil korban yang selamat mengalami luka bakar aneh di tubuhnya, tanpa ada sumber yang jelas.

Related

Science 2810678216553203480

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item