Susahnya Hidup di Masa Kini, Menghindari Gosip Malah Dikucilkan


Naviri Magazine - Pada masa kini, penggosip yang baik adalah orang yang berpengaruh dan populer dalam kelompoknya.

Berbagi rahasia adalah satu cara untuk menjalin ikatan dengan orang lain, dan berbagi gosip dengan orang lain menunjukkan kepercayaan mendalam: kita memberi sinyal ke orang lain bahwa kita percaya dia tidak akan menggunakan informasi sensitif yang merugikan kita.

Oleh karena itu, orang yang pintar bergosip akan memiliki hubungan baik dengan jaringan orang lain. Pada saat yang sama, mereka diam-diam mengetahui apa yang terjadi di dalam kelompok.

Di sisi lain, orang yang, katakanlah, tidak terlibat dalam jaringan gosip di kantor sama saja posisinya dengan orang luar - orang yang tidak dipercaya dan tidak diterima dalam kelompok.

Menunjukkan diri sebagai orang yang bersikap benar, yang menolak terlibat gosip, akan berujung pada pengucilan sosial.

Penelitian menunjukkan bahwa berbagi gosip yang tidak sensitif di tempat kerja dapat menguatkan kelompok dan suasana hati.

Gosip juga membantu orang baru berbaur ke dalam kelompok karena memperjelas norma dan nilai yang dianut kelompok itu. Dengan kata lain, mendengarkan penilaian yang dibuat orang terhadap perilaku orang lain membantu anggota kelompok baru memahami apa yang diterima dan apa yang tidak dapat diterima di kelompok itu.

Related

Lifestyle 2760365114942066765

Recent

item