Tak Sengaja Menelan Obat Kumur, Apakah Bisa Berbahaya?


Naviri Magazine - Rajin menyikat gigi dengan pasta gigi bisa mempertahankan kesehatan gigi. Anak pun harus diajarkan kebiasaan baik ini sejak dini. Namun, baik anak-anak ataupun orang dewasa, pasti pernah secara tak sengaja menelan air atau obat kumur saat berkumur, ketika membersihkan sisa pasta gigi. Benarkah itu tak bahaya?

Dokter Gigi dari Universitas Indonesia (UI), drg. Bambang Nursasongko, meminta masyarakat untuk tidak percaya mitos atau hoax yang terlalu berlebihan. Tentu ketika tak sengaja tertelan, setiap zat kimia yang masuk ke dalam tubuh memiliki kadar atas batas aman tertentu.

“Tertelan enggak bahaya. Asal jangan ditelan terus, sengaja ditelan dalam jumlah banyak. Kebiasaan masyarakat kita ini suka percaya pada katanya, kayaknya, bukan pada datanya,” tukasnya dalam konferensi pers.

Tentu, jika terlalu banyak dosis yang tertelan, kata dia, akan ada kontra indikasi yang muncul. Dia juga mengimbau para orang tua untuk membaca produk apapun untuk anak agar menjamin keamanannya.

“Sebelum pakai produk apa pun, baca. Apa gunanya, apakah aman bagi anak. Baru pakai produknya,” ungkapnya.

Menurut drg. Bambang, sejumlah pasta gigi memang umum memiliki kandungan formaldehida atau juga disebut metanal, atau formalin. Namun itu semua sudah diukur berdasarkan kadar batas aman.

“Mengandung formaldehida untuk menekan kuman dan jamur. Kalau tertelan sedikit tentu tak apa, asal jangan sengaja dalam jumlah banyak,” tegas drg. Bambang.

Related

Health 7048273476663787784

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item