Tak Terduga, Ini 5 Manfaat atau Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan


Naviri Magazine - Ada banyak alasan orang memelihara hewan, dari sekadar hiasan di akuarium, teman bermain, sampai yang juga difungsikan sebagai penjaga rumah. Keberadaan hewan peliharaan tidak hanya menjadikan pemiliknya merasa memiliki teman, namun juga dapat memberikan manfaat atau keuntungan dalam hal kesehatan—fisik maupun psikis. 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh orang yang memiliki hewan peliharaan. 

Mengurangi stres

Penelitian yang dilakukan tim dari State University of New York menemukan bahwa ketika seseorang melakukan pekerjaan yang penuh tekanan, kadar stresnya akan berkurang saat ditemani hewan peliharaannya. Berkurangnya kadar stres itu bahkan lebih banyak, dibandingkan jika ditemani pasangan, teman dekat, atau anggota keluarga yang lain.

Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian di Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat, memiliki hewan peliharaan juga berpotensi menurunkan tekanan darah, terutama pada orang yang mengidap hipertensi. Dr. Marty Becker, yang menuliskan hasil penelitian itu dalam buku Your Dog: The Owner’s Manual, menyatakan, “Jika ada anjing di sekitar Anda, tekanan darah Anda bisa menurun.”

Mengurangi rasa sakit

Masih menurut Dr. Marty Becker, hewan adalah obat pereda sakit terbaik, terutama bagi orang yang mengalami migrain atau nyeri otot kronis. “Seperti Valium, memiliki hewan peliharaan bisa mengurangi kecemasan. Kegelisahan berkurang berarti rasa nyeri juga berkurang,” kata Dr. Becker.

Menurunkan kolesterol

Dari penelitian di Centers for Disease Control and Prevention (CDC), memiliki hewan peliharaan menjadikan jantung lebih sehat, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Pria yang memiliki hewan peliharaan diketahui memiliki level trigliserida (lemak) dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan pria yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Mencegah stroke

“Jika Anda memiliki kucing,” tulis Dr. Marty Becker, “risiko serangan jantung akan berkurang hingga 30 persen, dan risiko stroke bisa berkurang hingga 40 persen.” 

Selain itu, hewan peliharaan juga bisa membantu pemulihan pasien yang terkena serangan jantung. Menurut Dr. Becker, jika seseorang pernah mengalami serangan jantung dan memiliki anjing, maka kemungkinan hidupnya delapan kali lebih besar.

Related

Science 4496592977691833883

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item