Teleskop dan Observatorium dengan Teknologi Paling Canggih di Dunia


Naviri Magazine - Observatorium Gemini adalah sebuah observatorium astronomi yang memiliki dua teleskop berdiameter 8.1 meter (27 kaki) yang berada di Hawaii dan Chile. 

Secara bersama-sama, cakupan observatorium Gemini menyediakan gambaran yang lengkap, dari langit utara dan selatan. Saat ini merupakan salah satu teleskop optik terbesar dan paling maju atau menyediakan teleskop inframerah untuk para astronom.

Teleskop Gemini dibangun dan dioperasikan oleh sebuah konsorsium yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Chile, Brasil, Argentina, dan Australia. Kemitraan ini dikelola oleh Asosiasi Universitas Riset di Astronomi (AURA). 

Kerajaan Inggris keluar dari kemitraan ini pada akhir 2007, sebelum kembali berjalan lagi dua setengah bulan kemudian. Namun baru-baru ini mengumumkan niatnya untuk mengakhiri peran dalam kemitraan.

Teleskop Gemini Utara, secara resmi disebut Frederick C. Gillett Gemini Telescope, terletak di Hawaii, Mauna Kea. Lokasi yang menyediakan kondisi pengamatan yang sangat baik karena kondisi atmosfer yang luar biasa (stabil, kering, dan jarang berawan) di atas 4.200 meter (13.800 kaki) gunung berapi aktif. 

Teleskop Gemini Selatan terletak di lebih dari 2.700 meter (8.900 kaki) ketinggian di atas gunung di Andes Chili, disebut Cerro Pachon. Kondisi atmosfer dimana udara kering dan awan menutupi, yang membuat teleskop ini memiliki lokasi prima (ketika digunakan bersama dengan teleskop Hubble di tempat tinggi). Gemini Selatan melihat cahaya pertama pada tahun 2000.

Bersama-sama, dua teleskop mencakup hampir semua langit, kecuali dua daerah kecil dekat kutub angkasa: Gemini Utara tidak dapat menunjukkan utara deklinasi 79 derajat; Gemini Selatan tidak dapat menunjuk selatan deklinasi -89 derajat.

Kedua teleskop Gemini menggunakan teknologi canggih untuk mengirimkan gambar dengan kualitas tertinggi, termasuk bintang dengan panduan laser, optik adaptif, dan spektroskopi multi-obyek. 

Selain itu, dua teleskop memungkinkan pengamatan inframerah yang sangat berkualitas tinggi, karena lapisan perak yang dilindungi cermin dan sistem ventilasi canggih. Berkat tingkat tinggi jaringan, teleskop Gemini dapat dioperasikan dari jarak jauh, dan pengamatan dapat dijalankan ketika atmosfer sesuai dengan kondisi terbaik.

Related

Science 4759371513681624359

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item