Tips agar Lebih Mudah Dapat Pasangan Saat Memakai Aplikasi Kencan


Naviri Magazine - Kalau kamu pengin dapat match yang lebih baik dan lebih banyak di Tinder, Bumble, OkCupid atau aplikasi lainnya, mendingan fokus memperbaiki profil alih-alih upgrade ke versi berbayar.

Kalau kamu sudah pernah menggunakan aplikasi kencan, kamu pasti sudah tahu kalau aplikasi-aplikasi gratis ini berusaha merayumu untuk “upgrade” ke versi berbayar demi akses-akses spesial. Berkisar dari US$10 (Rp148.000) hingga US$35 (Rp500.000) per bulan, upgrade ini menawarkan mulai dari jasa agar profilmu dibaca pengguna-pengguna yang lebih “hot” hingga memberitahumu ketika seseorang membaca pesan yang kamu kirim.

Kebanyakan orang ogah membayar hanya agar bisa bertemu orang baru. Hanya kurang dari tiga persen dari jutaan pengguna aplikasi kencan online di AS yang membayar, menurut data finansial yang dikumpulkan oleh perusahaan peminjaman uang, Earnest. 

Tapi ini toh tak menghentikan para perusahaan jasa ini dari mempromosikan upgrade mereka besar-besaran. Di aplikasi Bumble misalnya, kamu sering diminta untuk upgrade setelah beberapa kali nge-swipe—tidak peduli biarpun tawaran ini selalu kamu tolak.


Bagaimana versi upgrade berbayar bisa bermanfaat

Bagi beberapa orang, ada manfaat nyata dari upgrade ke versi berbayar. Laki-laki yang membayar di aplikasi Coffee Meets Bagel, misalnya, memiliki “43 persen angka koneksi (mutual like atau saling suka) lebih tinggi dibanding yang tidak membayar,” ujar pencipta aplikasi tersebut, Dawoon Kang. 

Dia menambahkan bahwa panjangnya percakapan meningkat sebanyak 12 persen apabila pengguna upgrade ke versi berbayar US$35 sebulan.

Kristie Colorado, seorang pekerja di bidang transportasi di New York, mengaku tidak menyesal telah membayar untuk versi upgrade. Perempuan berumur 27 tahun ini mulai menggunakan versi gratis Tinder setelah putus asmara di zaman kuliah dan mulai membayar setelah tahu memakainya. 

“Saya mulai lebih cepat bertemu orang baru dibanding ketika tidak membayar,” ujarnya. Dia mengaku bisa mendapat sekitar lima match sehari menggunakan Tinder Gold untuk $15 (Rp222 ribu) sebulan. Hasilnya? Dia sudah banyak mendapatkan kencan dan bahkan juga pacar beberapa kali.

“Orang sering mengatai saya desperate karena membayar untuk sebuah jasa yang bisa digunakan secara gratis,” ujarnya. “Tapi ketika saya menggunakan Tinder versi gratis, saya hanya mendapat satu atau dua match sehari, karena butuh jauh lebih lama untuk melewati semua kandidat dan menunggu para lelaki nge-swipe balik.”

Kapan membayar upgrade itu percuma

Tidak semua orang yang membayar puas dengan hasilnya. Danny Soto, seorang ahli tech support berumur 29 tahun dari Houston, mengaku telah menghabiskan sekitar US$250 (Rp3,7 juta) untuk Plenty of Fish, OkCupid, dan Tinder dalam satu dekade terakhir. 

Seringkali, Soto mengaku dia menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari hubungan serius tapi ujung-ujungnya hanya untuk kencan ketika dia belum siap untuk sesuatu yang bersifat jangka panjang.

DIa berhenti membayar versi ugrade beberapa bulan lalu, karena sedang tidak mencari hubungan serius. “Situs berbayar memang bisa mempermudah situasi,” karena kamu bisa melihat siapa yang sudah like kamu, “tapi semua ini percuma kalau kamu tidak dianggap menarik oleh lawan bicaramu.”

Kadang upgrade ke versi berbayar tidak membantu prospekmu sama sekali. “Saya baru mulai membayar satu bulan terakhir ini demi kesempatan bertemu laki-laki ketika saya pulang ke kampung di Texas untuk sementara,” ujar Liam Evans, seorang mahasiswa fotografi berumur 21 tahun di Toronto yang saat ini tengah menggunakan Tinder Plus. 

“Namun, jumlah kencan saya belum naik semenjak upgrade,” jadi dia tidak berencana memperpanjang upgrade tersebut.

“Logika saya ketika upgrade adalah bahwa ini akan memberikan saya kesempatan untuk bertemu orang di negara lain, dengan harga sekotak pizza saja. Tapi sejauh ini, app ini belum mengubah banyak dunia kencan saya, dan pengalaman saya menggunakan aplikasi juga belum banyak berubah.”

Bagaimana mendapatkan lebih banyak kencan 

Kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak kencan, banyak strategi lain yang mungkin lebih efektif.

Mulai dengan foto profilmu. “Sebuah foto itu bernilai ribuan kata,” ujar Alex Williamson, Chief Brand Officer di Bumble. “Foto pertamamu seharusnya foto diri favorit dan foto terbaru.”

Makin banyak makin baik. “Kami menemukan bahwa orang yang mengunggah enam foto memiliki pengalaman lebih baik di platform kami, karena kamu benar-benar menceritakan siapa dirimu sesungguhnya,” tambah Williamson. 

Prinsip yang sama berlaku untuk penjelasan profilmu. Menurut Kang dari Coffee Meets Bagel, pengguna dengan profil yang lebih panjang dan menghabiskan lebih banyak waktu ngobrol dengan potensial teman kencan memiliki kemungkinan lebih besar mendapatkan pasangan.

Tidak yakin harus bagaimana mengubah profil? Coba ambil waktu untuk menuliskan beberapa interest dan hobimu agar potensi teman kencanmu punya bayangan seperti apa kamu dan apa yang kamu lakukan di waktu senggang. 

Profil yang cerdas adalah salah satu cara terbaik untuk memulai percakapan, ujar Williamson, yang nantinya bisa berujung pada sebuah kencan. “Melewati basa-basi dan sekadar mengatakan ‘hi’ dan mulai pedekate—secara menarik, menunjukkan kepribadianmu, dan mengundang hubungan yang sukses.”

Kalau kamu belum beruntung dengan satu situs kencan gratis tertentu, coba ganti ke yang lainnya. Pasang profilmu di banyak situs sekaligus karena mungkin ada situs tertentu yang lebih cocok buatmu.

Ujung-ujungnya, menaruh dirimu di luar sana, di dunia digital itu gratis kok. “Tidak ada biaya untuk memamerkan dirimu sendiri secara pantas,” tambah Kang. “Kunci dari koneksi yang sukses ada pada dirimu sendiri.”

Related

Tips 4723731589066426262

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item