Tips Sehat dan Alami agar Karang Gigi Tidak Mudah Menumpuk


Naviri Magazine - Menurut ahli, cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras sejatinya hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Tapi Anda dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi risiko menumpuknya plak gigi yang menjadi asal mula karang gigi:

Jaga kesehatan gigi dan mulut

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah munculnya karang gigi. Sikatlah gigi Anda minimal dua kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung flouride. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan lebih maksimal, Anda pun sebaiknya tidak lupa untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss.

Selain dengan benang gigi dan gosok gigi secara teratur, Anda juga bisa menggunakan obat kumur antiseptik atau mouthwash untuk mengikis plak. Dengan ini, karang gigi tidak akan mudah terbentuk. 

Gunakan baking soda

Baking soda atau soda kue memiliki sifat antibakteri yang dapat mengikis plak tanpa merusak email. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung bahan ini mungkin lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak di mulut daripada pasta gigi biasa.

Manfaatkan minyak kelapa

Jika Anda punya minyak kelapa di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi plak. Kandungan antioksidan dan asam laurat di dalamnya mampu menghilangkan bakteri jahat dalam mulut.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pada 60 orang remaja yang mengalami gingivitis, penggunaan minyak kelapa dapat menurunkan plak hingga 50 persen. Luar biasa, kan?

Cara menggunakan minyak kelapa ini pun cukup mudah. Masukkan satu sendok makan minyak kelapa hangat ke dalam mulut, dan gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit.

Setelah selesai berkumur, buanglah minyak kelapa dari dalam mulut. Tapi jangan membuangnya ke wastafel karena bisa menyumbat pipa.

Bila minyak kelapa tak tersedia, Anda bisa menggunakan minyak zaitun, minyak almond, dan minyak wijen (sesame oil) sebagai alternatif.

Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan mampu menurunkan jumlah plak sekaligus mengontrol pembentukannya. Ini dikarenakan bahan-bahan pangan ini membantu mulut untuk menghasilkan air liur. Air liur sberfungsi membasmi bakteri dalam mulut.

Anda juga bisa meningkatkan produksi air liur dengan mengunyah permen karet. Air liur yang dihasilkan saat makan permen karet dapat menyingkirkan bakteri dari gigi-gigi Anda.

Gunakan whitening strip

Whitening strip adalah lembaran plastik yang mengandung hydrogen peroxide atau bahan aktif lainnya. Alat pemutih gigi ini juga dikatakan bisa bermanfaat untuk mengurangi plak gigi.

Menurut penelitian, orang yang menggunakan whitening strip setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi risiko karang gigi sebanyak 29 persen jika dibandingkan dengan orang yang hanya menyikat gigi secara rutin.

Namun penggunaan whitening strip tetap perlu diperhatikan dengan saksama. Pasalnya, cara pakai yang tidak tepat malah bisa merusak gigi.

Related

Tips 6559027200691827827

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item