Viper, Ikan Mengerikan yang Hidup di Dasar Lautan


Naviri Magazine - Ikan viper (Mesopelagic) memiliki tampilan yang tampak kejam, dengan mulut yang lebar dan gigi yang tajam. Ikan ini hidup di kedalaman 80 sampai 1.600 meter di bawah laut. 

Seperti kebanyakan ikan yang ada di lautan dalam, ikan viper juga tidak memiliki warna kulit alias tembus pandang, dan organ tubuhnya menyala karena proses yang disebut bioluminescence. Ikan ini memiliki mata yang besar, yang digunakannya untuk mengumpulkan cahaya, meski dalam kondisi minim cahaya atau tak ada cahaya sama sekali. 

Yang paling mengerikan adalah mulutnya yang sangat lebar. Dengan mulutnya itu, ikan viper dapat menelan ikan lain secara utuh, meski ukurannya lebih besar dari dirinya. Hal itu dimungkinkan, karena perut ikan viper bersifat elastis, sehingga dapat mengembang. 

Ikan viper juga diketahui melakukan praktik kanibalisme, alias memakan sesamanya. Hal itu karena kehidupan di dasar laut yang minim makanan, sehingga tidak banyak hewan lain yang berkeliaran di sana.

Related

Science 6952433932292056883

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item