Kota-kota Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kota-kota Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Wina 

Wina, Austria, adalah tempat bagi dua perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 perguruan tinggi terbaik di dunia, yaitu Universität Wien dan Technische Universität Wien. Selain memiliki kampus bergengsi, Wina juga menawarkan kekayaan kultural, kualitas hidup yang baik, juga biaya pendidikan yang relatif rendah.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, ibukota Austria itu pun menjadi salah satu tujuan belajar para mahasiswa dari berbagai negara. Wina bahkan dianggap sebagai kota yang ideal untuk pelajar, karena menawarkan kualitas hidup yang sangat baik untuk pelajar. QS World University Rankings memberi nilai 99,5 untuk kualitas hidup di Wina.

Sydney 

Selain Wina, Australia juga memiliki kota lain yang terkenal sebagai kota dengan pendidikan terbaik, yaitu Sydney. Di kota ini terdapat dua perguruan tinggi yang masuk daftar 100 terbaik dunia, yaitu University of Sydney dan University of New South Wales. Karenanya, sebagaimana Wina, Sydney juga memiliki konsentrasi pelajar asing dalam jumlah besar.

Jika Melbourne dianggap sebagai ibukota budaya, maka Sydney adalah ibukota keuangan dan ekonomi bagi Australia. Dengan pemandangan Pelabuhan Sydney yang menawan serta taman-taman indah, Sydney adalah salah satu kota paling eksotik bagi pelajar di seluruh dunia. 

Kualitas hidup di sana pun dinilai baik dan berkualitas, meski keterjangkauan pendidikan di sana relatif sulit karena biayanya yang mahal.

Zurich 

QS World University Rankings memberi nilai 99 untuk aktivitas belajar mengajar di Zurich, Swiss. Faktanya, di kota ini terdapat Swiss Federal Institute of Technology, perguruan tinggi terbaik dunia di luar Amerika Serikat dan Inggris. 

Selain itu, Zurich juga terkenal karena kemakmuran, ketertiban, serta pajak yang rendah. Satu-satunya masalah di Zurich barangkali hanya biaya hidup yang mahal.

Berlin 

Dalam dekade-dekade terakhir, Berlin memiliki berbagai perayaan budaya, desain, fashion, musik, dan seni, yang setara dengan New York dan London. Karenanya, Berlin pun dianggap sebagai salah satu kota yang menawan, tidak hanya bagi Jerman, namun juga bagi dunia. 

Selain itu, Berlin memiliki dua perguruan tinggi yang masuk jajaran 150 terbaik dunia, yakni Freie Universität Berlin dan Humboldt-Universität zu Berlin.

Meski telah menjadi ibukota keuangan global, biaya hidup di Berlin masih relatif terjangkau bagi para pelajar internasional. Berlin mengombinasikan biaya perumahan yang murah dengan biaya pendidikan yang rendah. Dengan kualitas hidup yang baik, terjangkau, atmosfir liberal dan banyaknya kegiatan, Berlin pun menjadi tujuan bagi mahasiswa internasional.

Dublin 

Di Dublin, Irlandia, ada Ada Trinity College Dublin dan University College Dublin yang masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik dunia. Sejumlah tokoh besar dari berbagai disiplin ilmu pernah lahir di kota ini, di antaranya Samuel Beckett, James Joyce, dan Oscar Wilde.

Dublin telah menjadi kota pendidikan dengan kualitas hidup yang tinggi, tempat mahasiswa dari berbagai negara belajar di sana. Faktanya, Dublin memiliki konsentrasi tinggi mahasiswa dan rasio tinggi mahasiswa internasional. 

Kota ini mengombinasikan fasilitas pendidikan dan suasana bersejarah di sekelilingnya. Satu-satunya masalah di kota ini mungkin hanya biaya pendidikan yang mahal.

Montreal 

McGill University, yang masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik dunia, berada di Montreal, Kanada. Selain itu, ada beberapa perguruan tinggi lain yang juga terkenal di sana. 

Yang menarik, meski termasuk sepuluh besar dalam daftar kota dengan pendidikan terbaik dunia, biaya hidup di Montreal tergolong murah, bahkan paling murah dibanding kota-kota lain.

Selain menawarkan kualitas pendidikan yang baik, Montreal juga memiliki kualitas hidup yang baik. Kota ini sering disebut ibukota budaya Kanada, dan termasuk kota paling nyaman di dunia. Kemudian, campuran kebudayaan Inggris dan Prancis yang ada di sana menjadikan Montreal dinobatkan UNESCO sebagai satu dari tiga ibukota dunia.

Related

Education 2666299688549577385

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item