Fakta-fakta Unik dan Menarik Seputar Kucing (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Fakta-fakta Unik dan Menarik Seputar Kucing - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kucing memiliki indra penciuman mencapai 20 sampai 80 juta sel olfactory. Sebagai perbandingan, manusia hanya memiliki 5 sampai 20 juta sel olfactory.

Kucing tidak bisa merasakan rasa manis.

Kucing menarik napas sebanyak 20 sampai 40 kali per menit.

Denyut nadi normal kucing antara 110 sampai 170 denyutan per menit. (Jika ingin melakukan pengecekan denyut nadi kucing, lakukan di paha belakang pada bagian sendi yang menghubungkan kaki dengan tubuhnya).

Jantung kucing berdetak 140 kali per menit—itu dua kali lipat lebih cepat dari detak jantung manusia.

Suhu tubuh normal kucing adalah 102 derajat Fahrenheit, atau 38,8 derajat Celcius.

Semua kucing berjalan dengan berjinjit, termasuk kucing anggora atau kucing persia.

Kucing berkeringat melalui telapak kakinya.

Kucing kampung dapat berlari dengan kecepatan 31 mil per jam.

Kucing dapat melompat ke ketinggian yang lima kali tinggi badannya.

Walaupun kucing memiliki 5 jari di kaki depan, mereka hanya mempunyai 4 jari pada kaki belakang. Namun beberapa kucing ada yang terlahir dengan jari hingga 7, atau dilengkapi tulang tambahan.

Kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya, sedangkan pada saat berlari menggunakan kedua kaki kanannya. Selain kucing, satu-satunya hewan yang melakukan hal ini adalah jerapah dan unta.

Setiap kucing memiliki nose pad (bantalan hidung) yang sangat khas, sehingga tidak penah ada dua kucing yang memiliki bentuk hidung yang sama.

Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dibanding panggilan pria, mungkin karena wanita memiliki tingkat suara yang lebih tinggi.

Kucing menunjukkan kepercayaan mereka kepada pemiliknya dengan cara mendengkur atau berguling di punggung mereka.

Kucing mengetahui perubahan suasana hati pemiliknya, dan kadang-kadang itu akan mempengaruhi suasana hati si kucing.

Kucing menganggap daerah yang memiliki bau amonia sebagai daerah eliminasi. Karena itu tidak dianjurkan menggunakan amonia untuk membersihkan bau urin atau kotoran kucing.

Kucing benci bau parfum. Mereka juga membenci aroma jeruk dan lemon.

Orang yang alergi terhadap kucing pada umumnya alergi terhadap air liur kucing.

Rata-rata umur kucing adalah 15 sampai 16 tahun. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, bahkan kucing tertua yang pernah tercatat diketahui berusia 36 tahun. Sedangkan kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern rata-rata hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

Lama tidur kucing bervariasi antara 12 sampai 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 sampai 14 jam. Tapi juga kadang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari. Selain itu, kucing juga dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain.

Kucing lokal mendengkur sekitar 26 kali per detik—itu frekuensi yang sama dengan mesin diesel.

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita.

Di abad pertengahan, kucing dianggap berhubungan dengan penyihir, dan sering dibunuh dengan cara dibakar atau dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan, sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.

Jenis kucing yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintik, yang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung. Sedangkan kucing yang terbesar adalah seekor harimau. Harimau jantan Siberia atau harimau Amur mempunyai panjang badan keseluruhan lebih dari 3 meter, dan berat badan hingga 300 kilogram.

Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “miaow”. Sedangkan bahasa Jepang menuliskan suara kucing dengan kata “nya”.

Kucing bisa membuat lebih dari 100 bunyi vokal, sementara anjing hanya bisa membuat 10 bunyi suara.

Air seni kucing akan tampak bersinar di bawah sinar gelap.

Kucing kampung adalah jenis kucing yang paling banyak. Namun, ada pula jenis kucing yang sangat langka, bahkan terancam kepunahan, di antaranya adalah kucing mirip musang di Malabar, Asia, yang saat ini diperkirakan hanya tinggal 250 ekor. Selain itu, kucing Iriomote, yang ditemukan di kepulauan Jepang, juga terancam punah, karena jumlahnya kurang dari 100 ekor.

Bluebell adalah kucing Persia yang pernah melahirkan 14 kucing dalam satu persalinan, dan peristiwa itu dianggap sebagai persalinan kucing terbanyak yang tercatat di dunia.

Puss adalah nama kucing yang hidup hingga 36 tahun. Ia merupakan kucing paling panjang umur di dunia.

Towser adalah kucing dari Skotlandia yang tercatat berhasil membunuh tikus sebanyak 28.888 ekor. Tiap hari dia membunuh sekitar 4 tikus selama 21 tahun. Kucing hebat ini mati pada tahun 1987.

Related

Science 5196815795520511830

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item