Hasil Studi: Kera Ternyata Memiliki Memori dan Bisa Mengingat Hal-hal yang Telah Terjadi


Naviri Magazine - Para ilmuwan menemukan bukti bahwa kera dapat mengingat berbagai bentuk sederhana dalam memorinya. Kera bahkan dapat menggunakan ingatannya tersebut serta menuangkannya dalam gambar pada komputer berlayar sentuh.

Dalam studi terbarunya, Robert Hampton dan Benjamin Basile dari Emory University, melatih lima ekor kera untuk melakukan sebuah tes. Mereka dilatih agar dapat "menggambarkan" ulang sebuah bentuk sederhana berupa dua atau tiga kotak dalam sebuah grid pada layar sentuh.

Setelah diberi waktu jeda, sebagian kotak tadi tampil kembali di tempat yang berbeda dari sebelumnya. Kelima kera itu harus "menggambar" kotak-kotak lainnya dengan menyentuh layar untuk menentukan posisinya.

Ternyata, kera juga memiliki daya ingat yang tidak jauh berbeda dengan manusia, bahkan dalam kondisi yang dirancang memiliki banyak kesamaan sekalipun. Kemampuan untuk memanggil kembali ingatan yang tersimpan pun semakin lama semakin memburuk dan membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Namun yang terpenting, kera terbukti mampu mentransfer memori mereka terhadap bentuk-bentuk baru, tidak hanya terbatas pada bentuk-bentuk yang mereka pelajari pada saat latihan.

Temuan ini merupakan bukti nyata bahwa kera juga memiliki memori untuk mengingat sesuatu dalam jangka waktu cukup lama. Fungsi memori seperti ini berguna untuk mengingat hal-hal yang terjadi ataupun ada di masa lalu. Perannya juga penting dalam perencanaan, meningkatkan kemampuan navigasi, perilaku sosial, dan kemampuan kognitif lainnya.

Related

Science 6114713592693052347

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item