Ilmuwan Temukan Bukti Baru yang Mengungkap Menu Makanan Neanderthal


Naviri Magazine - Penemuan baru menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki makanan yang lebih seimbang dengan banyak menu, seperti burung, ikan dan tanaman.

Neanderthal yang saat ini dikenal sebagai kerabat terdekat manusia yang telah punah, cukup dekat dengan manusia modern, di mana 1 persen hingga 4 persen pada genom Eurasia modern terdapat DNA Neanderthal. Bahkan, mereka tidak hanya dekat secara genetik, namun juga berbagi sifat dengan kita, seperti membuat seni. Kendati demikian, Neanderthal telah lama diidentikkan dengan kata "bodoh."

"Karena mereka punah, kebijaksanaan konvensional mengatakan bahwa mereka lebih bodoh dari kita," kata peneliti Bruce Hardy, seorang paleoantropolog di Kenyon College.

Bukti fosil menunjukkan bahwa Neanderthal berburu rusa, mammoth dan hewan herbivora besar lainnya. Namun, beberapa peneliti menyarankan bahwa mereka mungkin memiliki sedikit perhatian atau kemampuan untuk memakan item lainnya. Meskipun ada petunjuk bahwa Neanderthal melengkapi makanan mereka dengan burung, ikan, kerang dan tanaman, ini biasanya dianggap sebagai pengecualian yang tidak biasa, kata Hardy.

"Ada yang mengatakan bahwa Neanderthal tidak mampu berburu burung," kata Hardy.

Sekarang peneliti menemukan bukti bahwa Neanderthal kemungkinan memang memiliki menu makanan yang luas di sebuah gua di Lembah Rhone, Perancis.

"Kami sekarang dapat menjauh dari pandangan bahwa Neanderthal adalah pemburu bodoh," kata Hardy kepada LiveScience.

Daerah itu digali oleh Marie-Hélène Moncel dari French Institute of Human Paleontology dan rekan-rekannya. Temuan peralatan batu Neanderthal di situs yang disebut Payre itu menunjukkan bahwa peralatan digunakan berulang kali oleh Neanderthal antara 125.000 dan 250.000 tahun yang lalu.

Menurut analisis Hardy, selain tulang rusa, kuda, sapi, badak dan gajah, 182 artefak batu yang ditemukan di sana menyimpan residu mikroskopis sisik ikan, bulu burung, dan tanaman berpati. Namun, masih belum jelas apa yang sebenarnya telah mereka makan.

Related

Science 4958758169888519321

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item